INDONESIAMAGZ.com – Suara adzan Maghrib berkumandang dari balik tembok kokoh Masjid Baiturrahman. Kubah-kubahnya memayungi para jemaah yang khusuk bersembahyang. Mereka tidak hanya terdiri warga sekitar namun juga wisatawan yang berasal dari daerah lain, bahkan dari seluruh penjuru negeri yang terkesima aristektur dari masjid yang indah ini. Ukiran yang menarik, halaman yang luas dan kolam pancuran air yang artistik adalah pesonanya yang tak diragukan lagi.

Belum lagi, peristiwa demi peristiwa menatanya menjadi masjid yang penuh sejarah. Masjid ini seakan sakral dan kekal saat tsunami 2004 tidak meluluhlantahkan bangunan utama, padahal lingkungan di sekeliling masjid telah hancur.

Masjid Baiturrahman terletak di Kota Banda Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang dikenal selama berabad-abad dengan julukan Serambi Mekkah, suatu gelar yang mengentalkan nuansa keagamaan, keimanan dan ketakwaan. Nilai sejarah akan Islami yang tinggi membuat provinsi ini menjadi tujuan wisata religi di Indonesia yang tidak tertandingi oleh daerah manapun.

Buktikan hal tersebut dengan mengunjungi beragam destinasi dan atraksi wisata religi yang membentang di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Masjid Indrapuri

Masjid ini menjadi saksi sejarah sejumlah peristiwa penting masa Kerajaan Aceh Darussalam. Bentuknya khas, persegi empat sama sisi mirip dengan candi. Masjid Indrapuri terletak di Kabupaten Aceh Besar, sekira 16 km dari Banda Aceh. Masjid ini dibangun sekira abad 12 masehi dan dahulu merupakan lokasi Kerajaan Hindu.

Masjid Baitul Musyahadah

Lanjutkan perjalanan idPeople dengan mengunjungi masjid dengan atap kubah yang unik ini. Masjid Baitul Musyahadah terletak di Kota Banda Aceh dan terkenal memiliki atap berbentuk kupiah meukeutop, yakni topi khas Aceh. Karena bentuknya yang unik orang-orang kerap menyebutnya dengan Masjid Meukeutop.

Sumber : indonesia.travel

Comments

Komentar