INDONESIAMAGZ.com – Akhir pekan bisa dikategorikan sebagai libur pendek. Saat akhir pekan, destinasi liburan pun terbatas. Inilah tips memilih destinasi liburan akhir pekan.

1. Pilih tujuan liburan dari awal minggu

Agar tidak bingung, pilihlah tempat atau kota tujuan liburan Anda jauh-jauh hari. Jika ingin pergi sendiri, pikirkan tempat liburan yang kira-kira aman dan nyaman untuk solo traveler.

Jika liburan bersama teman atau keluarga, diskusikan rencana liburan Anda bersama. Carilah tempat liburan yang kira-kira asyik didatangi bersama-sama. Setelah tahu ingin pergi ke mana, segera rencanakan akomodasi dengan matang.

2. Realistis dalam memilih

2 Hari merupakan waktu yang terlalu singkat untuk liburan ke tempat yang jauh. Tidak mungkin jika Anda ingin naik Gunung Rinjani selama weekend. Jadi, realistis dalam memilih destinasi liburan.

Jika ingin memaksakan liburan ke tempat jauh, pikirkan lagi waktu yang akan terhabiskan dan tersisa. Jangan sampai Anda hanya menghabiskan di waktu pergi dan pulang. Tidak mau kan pulang liburan tanpa membawa cerita indah yang bisa jadi semangat di awal minggu.

3. Rencanakan dengan matang

Rencanakan liburan singkat ini dengan baik-baik. Pesan penginapan, buat itinerary dan tentukan kegiatan apa yang akan dilakukan selama liburan. Dengan tersusunnya rencana dengan matang, Anda bisa langsung menuju objek wisata pilihan tanpa banyak pertimbangan.

Hal ini bisa membuat liburan lebih lancar dan juga menghemat waktu yang terbuang. Bayangkan jika Anda harus memilih objek wisata dan menentukan rute yang akan dipilih, akan lebih menghabiskan waktu.

4. Tak perlu jauh dari tempat tinggal

Liburan sempurna tidak selama ada di ujung dunia. Lihat sekitar, lebih jeli dan Anda pun bisa menemukan destinasi liburan sempurna yang berlum pernah terpikir sebelumnya. Cobalah berkunjung ke kota tetangga, Telusuri jalan dan pedesaannya, siapa tahu bisa menemukan penginapan atau objek wisata menarik yang bisa jadi tempat liburan Anda.

Selain mencari suasana baru, berkunjung ke kota-kota tetangga juga bisa lebih menghemat waktu di perjalanan. Sehingga Anda bisa menikmati waktu liburan lebih lama.

5. Maksimalkan waktu

Jika pergi dengan mobil dan bisa menyetir bergantian, gunakan waktu saat Anda tidak menyetir untuk istirahat, Tidur di perjalanan bisa menghemat waktu karena sesampainya di tempat tujuan, Anda bisa langsung menikmati objek wisata.

Begitu pula jika menggunakan kereta atau pesawat, gunakan untuk istirahat waktu perjalanan Anda. Hal ini bisa menghemat dan memaksimalkan waktu liburan Anda.

sumber : http://travel.detik.com/read/2012/06/23/102527/1948924/1048/tips-memilih-destinasi-liburan-akhir-pekan

Comments

Komentar