INDONESIAMAGZ.com – Salah satu kota yang terdapat di Jawa Barat ini pernah terjadi peristiwa penting yang memiliki nilai sejarah. Maka bukanlah hal yang mustahil, Jika Kota Bandung memang dikenal sebagi salah satu Kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah. Bukan hanya memiliki keanekaragaman obyek wisata alam dan kuliner yang sungguh mengagumkan, Bahkan Bandung juga memiliki bangunan atau tempat bersejarah.

Stasiun kereta api Bandung (Stasiun Hall Bandung) didirikan tanggal 17 Mei 1884 pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Stasiun kereta Bandung menyimpan banyak cerita di dalamnya, dimulai dari zaman penjajahan, zaman perjuangan merebut kemerdekaan sampai sekarang ini. Bangunan stasiun seakan menjadi saksi peristiwa pada zaman kolonial dahulu.

Stasiun Hall Bandung pada awalnya hanya membuka jalur kereta dari Bandung ke Batavia yang melewati Cianjur dan Bogor. Pada masa itu, para tuan tanah perkebunan di Bandung memakai kereta api untuk mengirimkan hasil perkebunan ke Batavia. Adanya kereta api membuat arus pengiriman hasil bumi menjadi lebih cepat. Untuk mengakomodasi hal ini maka di sekitar Stasiun Bandung dibangun banyak gudang-gudang untuk menyimpan hasil perkebunan. Beberapa gedung yang didirikan waktu itu berada di Jalan Cibangkong, Kosambi, Jalan Cikudapateuh, Jalan Braga, Pasirkaliki, Kiaracondong, Ciroyom, dan Andir.

Oleh sebab itu saat ini Stasiun Hall Bandung menjadi pilihan destinasi untuk memperoleh dan menambah pengetahuan sejarah yang ada di Bandung. Sehingga tidak heran jika di sekitar area Stasiun kereta api Bandung banyak berdiri bangunan-bangunan berupa, hotel atau penginapan, tempat-tempat makan serta pusat-pusat perbelanjaan dibangun di sekitar stasiun. Hal itu menjadikan stasiun kereta api Bandung Jawa Barat ini menjadi pusat kegiatannya, adanya faktor pengaruh stasiun berdampak pada stasiunnya sendiri.

Karena terjadinya renovasi serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang dibangun di dalam stasiun itu sendiri. Tiap tahun ke tahun berikutnya stasiun ini mengalami perkembangan baik dari sarana dan pra sarana maupun segi fasilitas yang ada di dalamnya.

Comments

Komentar