INDONESIAMAGZ.com – Kementerian Pariwisata akan gencar mempromosikan pariwisata Indonesia pada triwulan pertama tahun 2016. Hal tersebut sudah dimulai dengan beragam promo kreatif untuk merebut pasar pariwisata yang dipatok target besar, 12 juta sampai akhir tahun ini.

“Dengan capaian 10,3 juta wisman di 2015, maka harus naik 1,7 juta dalam setahun,” ujar Arief Yahya, Menpar RI, di Jakarta.

Bukan hanya branding dan advertising di negara-negara berpotensi pasar. Juga bukan hanya sales mission, dengan pertemuan buyers dan sellers. “Di kawasan border, atau di lintas batas pun kami lakukan kegiatan yang mengundang negara tetangga berlibur ke Indonesia. 27 Februari 2016 kami gelar Festival Wonderful Indonesia di Perbatasan Aruk Kab Sambas,” ungkapnya.

Menpar Arief Yahya juga menyebutkan, kementeriannya tengah mempersiapkan pameran Travel Revolution di Singapore 26-28 Februari 2016, dan Sales Mission di Kuala Lumpur 22-23 Februari. “Kami harus all out di pasar Asia Tenggara, pasar yang jarak maupun psikologinya dekat, atau punya proximity dengan Indonesia. Singapore dan Malaysia adalah dua tetangga yang paling banyak wisatawannya ke Indonesia,” jelas Menpar Arief Yahya.

Promosi melalui familiarization trip dengan program kuliner GO ASEAN dan Air France di Bogor dan Bandung juga mulai running produksi 15-20 Februari 2016 ini. Lalu kontrak pemasangan TVC Wonderful Indonesia dgn 17 TV channels di seluruh negara fokus pasar juga finalisasi bulan ini.

“Kami tidak mau kehilangan banyak waktu untuk promosi, memperkuat brand Wonderful Indonesia dan memperbanyak wisman yang berkunjung ke tanah air,” tandasnya.

Pasar Jepang, kata Arief Yahya juga mulai diterobos. Yakni dengan pasar penghobi marathon, ketika Tokyo Marathon 2016 dihelat, maka 25-27 Februari ini sekalian mempromosikan agenda marathon di tanah air. Banyak kegiatan marathon di Indonesia yang sudah dikenal di pentas dunia diantaranya adalah: Jakarta Marathon, Bali Marathon, Borobudur Marathon, Bromo Marathon, Toba Marathon, Mesastila Marathon, Rinjani Marathon dan lainnya.

“Sport tourism itu harus dipromosikan lebih gencar, agar lebih banyak lagi pelari asingnya,” ungkap dia.

Di Tokyo juga ada Sales Mission Golf di Osaka, Nagiya, Tokyo pada 15-29 Februari. Lalu Japan Golf Fair pada 19-21 Februari 2016. Jepang, Korea, Singapore itu pasar wisata golf yang potensial.

“Ya, bermain golf di Indonesia lebih murah, lebih asyik, dengan standar internasional yang tidak kalah dengan lapangan di negara lain,” jelasnya.

Pasar Australia yang menjadi salah satu originasi terbesar wisman ke Bali, juga sudah mulai running. Diantaranya, Perth Holiday Expo 18 sd 21 Februari, lalu pameran MICE 23 sampai dengan 25 Februari di Melbourne.

“Dua-duanya di Februari 2016,” kata Menpar, yang sekaligus menjelaskan pasar Asia Selatan, terutama India.

Di pasar India itu, kemenpar tengah mempersiapkan sales mission di Mumbai dan Cenai 16-19 Februari 2016. Khusus Eropa, baru minggu kedua bulan Maret 2016 nanti, Wonderful Indonesia bakal tampil di Messe Berlin, pada 9-13 Maret 2016.

“Kami mengajak 100 Pelaku industri untuk tampil di ITB Berlin, bursa pariwisata terbesar di dunia,” jelas Arief Yahya.

Comments

Komentar