INDONESIAMAGZ.com – Pulau Pahawang menyimpan sejuta keindahan. Cocok buat idPeople yang ingin menikmati suasana pulau yang dikelilingi lautan. Pemandangan indah, bukit pepohonan yang hijau serta pasir pantai berwarna putih akan memanjakan idPeople.

Pulau yang berada di kecamatan Punduh Padada, kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan ini terbagi menjadi dua pulau yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Kecil memiliki satu jembatan alami yang disebut dengan Tanjung Putus. Jembatan ini menghubungkan antara pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Uniknya Tanjung Putus hanya dapat terlihat saat air laut surut karena saat air laut pasang, jembatan alami ini akan terendam air. Kejernihan air laut salah satu daya tarik yang diberikan pesisir pantai Pahawang. Tidak sedikit yang datang untuk melakukan snorkling menikmati pesona bawah laut Pahawang.

Sejumlah ikan hias bisa dilihat idPeople ketika menyelam dan melakukan snorkeling, termasuk ikan badut (nemo/ikan badut anemon-Amphiprion ocellaris/Amphyprion percula) dan anemon ungu (Heteractis magnifica) yang berkeliaran atau bersembunyi di sekitar terumbu karang. Selain itu, pada beberapa spot lokasi berenang dan snorkeling juga dipenuhi ubur-ubur jeli (jellyfish) yang berukuran kecil dan kerap menempel di badan sehingga menimbulkan rasa gatal.

Pulau Pahawang Kecil dapat ditempuh kurang lebih sekitar sepuluh menit dari Pulau Pahawang Besar. Kebanyakan para pengunjung menginap di penginapan Pulau Pahawang Besar karena di pulau tersebutlah sebagian besar penduduk setempat tinggal. Rute yang dilalui untuk mencapai pulau Pahawang adalah Bandarlampung-Lempasing-Mutun-Hanura-Pantai Ketapang-Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang.

idPeople dapat menyewa perahu/kapal kecil, sedang atau besar, untuk menyeberang ke Pulau Pahawang dengan biaya sekitar Rp 500.000 per hari dengan kapasitas angkut sekitar 15 orang atau kapal lebih besar dengan biaya sewa lebih tinggi. Sedangkan penyewaan peralatan snorkeling berkisar Rp 50.000 hingga Rp 75.000 per orang.

Comments

Komentar