INDONESIAMAGZ.com – Setelah 20 tahun berlalu, Teater Koma kembali mengangkat Semar Gugat ke panggung pertunjukan. Semar Gugat akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru mulai dari tanggal 3-10 Maret 2016.

“Teater Koma sebagai salah satu teater yang konsisten untuk memproduksi karya seni pertunjukan yang apik dan tak lekang dimakan zaman. Seperti lakon Semar Gugat yang sudah dipentaskan 20 tahun lalu kini dikemas dengan tampilan baru namun tetap memberikan sentuhan khas Teater Koma. Melalui sajian artistik yang indah dan detil serta kemampuan akting para pemainnya yang luar biasa, Teater Koma mampu menginspirasi generasi muda untuk melakukan eksplorasi dan menghasilkan karya-karya kreatif,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Lakon ini bercerita tentang Kerajaan Amarta sedang geger. Dikarenakan, Srikandi meminta mas kawin yang tak wajar kepada sang calon suami, Arjuna. Saat pesta pernikahan nanti, Arjuna harus memotong kuncung Semar untuk dihadiahkan kepada Srikandi. Hal ini tentu saja merupakan penghinaan besar bagi Semar dan keluarganya. Padahal, hal itu merupakan ulah Betari Permoni yang merasuk ke dalam tubuh Srikandi untuk bisa bermesraan dengan Arjuna.

Akhirnya Semar pergi ke Khayangan, meminta dikembalikan jadi wujudnya yang rupawan. Kemudian, menjadi raja Simpang Buwana Nuranitis Asri, dengan gelar Prabu Sanggadonya Lukanurani. Tak lama, dia memutuskan untuk menantang Arjuna dan Srikandi adu sakti. Mampukah Semar menghadapi kesaktian Arjuna, Srikandi serta Betari Permoni?

Comments

Komentar