INDONESIAMAGZ.com – Musim hujan sudah mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Biasanya idPeople menghentikan sementara kegiatan traveling mereka sambil menunggu cuaca bersahabat kembali. Padahal masih banyak destinasi wisata yang bersahabat untuk dikunjungi saat musim penghujan.

Saat musim hujan ada baiknya idPeople menghindari spot-spot terbuka dan semua yang berhubungan dengan air. Misal hindari berarung jeram, atau bermain ombak di pantai karena itu sangat berbahaya. Namun tetap ada spot-spot out door yang bisa menjadi pilihan dengan catatan idPeople harus meminta pertimbangan pada pemandu wisata setempat tetang keamanannya.

1. Musim Hujan Saatnya Berendam di Pemandian Air Panas

Pantai dan sungai jelas tak bersahabat di musim hujan karena sudah pasti ombak laut akan tinggi dan arus sungai sangat deras. Kini saatnya idPeople mengalihkan tujuan wisata dengan berelaksasi dengan cara berendam di kolam pemandian air panas, pasti akan sangat seru. Berendam di kolam air panas ditemani rintik hujan dan hawa dingin akan membuat suasana makin menggigit.

Banyak pemandian air panas di Indonesia yang dapat idPeople kunjungi, antara lain pemandian air panas Ciater yang ada di Bandung, banyu wedang di Bali, Baturaden di Jawa Tengah, Cangar di Malang, atau Tirta Husada di Pacitan dan masih banyak lagi.

2. Kunjungi Tempat-Tempat yang Menjadi Lebih Indah Jika Dikunjungi Saat Musim Hujan

Saat langit mulai dipenuhi lautan awan abu-abu yang membuat dunia nampak makin suram di musim hujan, ada sebagian tempat yang malah menampakkan rona berserinya. Cobalah untuk berlibur di vila pedesaan yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri. Dikelilingi kebun teh atau memandangi sawah dan ladang yang mulai menghijau pasti akan membawa ketenangan tersendiri.

Atau jika ingin yang lebih menantang, sensasi air terjun di saat musim hujan akan menjadi lebih spektakuler karena debit air yang melimpah dibanding saat kemarau. Namun untuk menikmati air terjun di kala penghujan ada baiknya Anda bertanya kepada pemandu wisata lokal tentang keamanannya.

3. Mengeksplorasi Budaya dan Warisan Negara Melalui Kunjungan ke Museum

Berhenti sejenak mengekplorasi keindahan alam dan beralih untuk mempelajari sejarah kebudayaan dan warisan negara dengan mengunjungi museum selama musim hujan tiba. Museum adalah tempat yang tepat menghabiskan liburan di musim hujan karena tempatnya yang berada di dalam ruangan sehingga wisatawan akan terlindung dari cucuran air hujan.

Siapa bilang mengunjungi museum tidak menyenangkan, di sana kita dapat memperluas pengetahuan kita akan arti pentingnya sejarah di negeri tercinta. Bukan hanya mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan, namun di museum juga ada barang-barang antik hingga fosil makhluk hidup di zaman purba. Pokoknya tidak akan bosan deh berwisata di museum, malah bisa menambah pengetahuan pula.

4. Luangkan Lebih Banyak Waktu untuk Nongkrong di Kafe Saat Hujan Turun

Ngopi sambil ngemil sangat pas dilakukan saat hujan turun. Namun jika menikmatinya sendirian di rumah jadi tidak asyik, ajaklah partner travelingmu untuk mengunjungi kafe favorit kalian untuk menikmati secangkir kopi sambil bercengkerama.

Banyak hal lain yang dapat dilakukan di kafe, misal idPeople dapat bersantai sambil browsing internet mencari spot-spot keren untuk traveling kalian berikutnya dengan catatan carilah kafe yang menyediakan hot spot gratis ya. Jika hujan tidak juga reda berhari-hari maka Anda bisa mengekplorasi kafe-kafe unik lainnya yang bisa kalian gunakan buat nongkrong sepanjang pagi dan sore.

5. Nikmati Fasilitas Penginapan yang Jarang Anda Gunakan

Jika idPeople sudah terlanjur berangkat ke tempat wisata impianmu kemudian hujan turun tanpa henti tentunya  akan sangat kecewa karena idPeople terjebak di dalam penginapan. Tapi itu tidak perlu terjadi lagi, jadilah traveler yang kreatif. Maksudnya jika biasanya tempat menginap seperti hotel digunakan untuk beristirahat maka kini cari informasi fasilitas apa saja yang di tawarkan oleh pihak hotel.

idPeople tetap dapat menikmati liburan di dalam hotel dengan cara menikmati pijat spa atau berenang di hotel. Biasanya banyak fasilitas hotel yang jarang digunakan para tamu padahal itu bida jadi alternatif kegiatan yang menyenangkan untuk sedikit mengobati kekeceweaan karena tidak bisa pergi keluar ruangan akibat hujan.

6. Lakukan Persiapan Matang Sebelum Traveling

Traveling saat hujan itu gampang-gampang susah karena yang pasti beban perlengkapan akan bertambah. Namun hal itu bukan jadi sebuah masalah besar mengingat pentingnya barang-barang tersebut untuk diri kita sendiri.

Saat musim hujan jangan pernah mengeluarkan jas hujan dari dalam tas traveling kita karena itu nanti akan sangat berguna. Pilihlah pakaian yang simpel, seperti memakai celana pendek dan juga lupakan memakai sepatu untuk sejenak karena sandal jepit akan lebih membantu perjalanan.

7. Selalu Ikuti Ramalan Cuaca

Mungkin cara ini akan sedikit membantu idPeople untuk merencakan liburan. Dengan memantau ramalan cuaca yang diberitakan stasiun televisi lokal dapat mengetahui tentang kondisi cuaca di daerah yang menjadi tujuan traveling.

Kini akses untuk melihat prakiraan cuaca juga dapat dengan mudah diperoleh. Banyak gadged atau smartphone canggih yang sudah dilengkapi dengan aplikasi prakiraan cuaca sehingga traveler dapat memantau setiap waktu kondisi cuaca di daerah tujuan.

8. Pergi ke Destinasi Wisata yang Memiliki Cuaca Cerah

Ketika satu daerah sedang hujan belum tentu daerah lain juga hujan bahkan dalam satu kota pun tidak semua wilayahnya diguyur hujan. Lihat ke langit dan cari arah mana yang terlihat terang, biasanya cara ini paling banyak dilakukan para traveler. Mereka akan mengunjungi daerah-daerah yang sekiranya memiliki cuaca yang cerah.

Jika idPeople memiliki dana berlebih, pilihan untuk berlibur ke Timur Tengah adalah pilihan yang patut dicoba. Kita tahu bahwa banyak negara-negara Timur Tengah sangat jarang diguyur hujan jadi mereka bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tujuan berlibur.

9. Gunakan Waktu untuk Merencanakan Traveling ke Destinasi Impian

Jangan pernah bermalas-malasan ditengah guyuran hujan. Gunakan waktu  untuk merencanakan perjalanan ke tempat yang paling diimpikan. Karena biasanya untuk mencapai tujuan tersebut butuh menabung terlebih dahulu serta merencanakan sematang mungkin perjalanan itu.

Mulailah untuk mencari informasi tentang daerah tujuan, seperti masalah keamanan, adat istiadat, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sana dan hal-hal yang dapat mempengaruhi perjalanan. Dengan begitu pada saatnya idPeople sudah tidak canggung lagi dan dapat menikmati traveling dengan maksimal.

10. Mengasah Keterampilan yang Anda Butuhkan Selama Traveling

Untuk menikmati traveling tidak hanya dibutuhkan fisik yang prima atau dana yang banyak. Bayangkan jika  berlibur ke spot-spot seperti pantai atau pegunungan. Tidak mungkin akan berdiam diri menyaksikan orang lain dengan senangnya berenang, snorkeling ataupun trekking. Pasti idPeople juga ingin terlibat di dalamnya bukan?

Nah saat musim penghujan adalah saat yang tepat untuk mengasah keterampilan yang mungkin Anda butuhkan selama traveling. Anda bisa mengambil les berenang, menyelam atau snorkeling di kolam-kolam renang dalam ruangan. Jadi nanti ketika musim hujan usai, Anda akan jadi lebih percaya diri ketika berlibur ke spot-spot tersebut.

 

sumber  : http://travelingyuk.com/tips-traveling-dimusim-hujan/

 

 

 

 

Comments

Komentar