INDONESIAMAGZ.com – Halo idPeople ada info menarik untuk agenda minggu ini, untuk idPeople yang tinggal di wilayah Tangerang atau sekitar Banten silahkan datangi Taman Potret Tangerang karena disana akan diadakan acara pameran foto jurnalistik yang diambil dari karya-karya berbagai fotografer media nasional dari seluruh  Indonesia. Dan sekedar bocoran salah satu fotografer INDONESIAMAGZ.com Mas @umeenk (Ahmad Muhaimin ) ikut memamerkan karyanya di acara tersebut.

Latar belakang dari acara ini diinspirasi dari kehidupan manusia yang makin kompleks menuntut kita mendapatkan informasi yang luas, lengkap dan  tanpa batas. Hal ini menjadikan foto sebagai sebuah karya jurnalistik yang dinilai sebagai salah satu alat penyampaian informasi kepada masyarakat dalam bentuk gambar. Selain sebagai penyampai informasi, foto juga bisa dijadikan alat dokumentasi merekam sebuah peradaban sejarah karena foto jurnalistik mampu menghadirkan fakta atas realita yang ada dalam masyarakat, selama kehidupan manusia terus berkembang kemudian mencetuskan peradaban, maka disanalah fungsi foto jurnalistik  menjadi urat nadi visual untuk menjawab fakta .

Maka dari itu sejumlah pegiat fotografi yang berdomisili di wilayah Tangerang membuat sebuah wadah untuk berkreasi yakni Komunitas Taman Potret (KOTRET). Komunitas tersebut didirikan pada tanggal 11 Agustus 2015 di Taman Potret Tangerang, yang bertujuan untuk mewadahi aspirasi sejumlah pegiat fotografi dan pewarta di Tangerang. Sebagai bentuk edukasi visual ke masyarakat Kotret  mencoba mengadakan pameran fotografi jurnalistik yang bertemakan ‘Geliat Tangerang’ yang akan diselenggarakan pada 26 – 28 Februari 2016 yang bertempat di Taman Potret, Kota Tangerang, Banten.

“Pameran foto jurnalistik ini diselenggarakan dengan tujuan memperlihatkan realita kehidupan masyarakat di Kota Tangerang dari sudut pandang fotografi, apalagi acara pameran ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian HUT Kota Tangerang yang ke-28 tahun,” ujar Adrianto selaku Ketua Komunitas Taman Potret saat ditemui di Taman Potret Kota Tangerang, Selasa (22/2).

Pameran Foto Jurnalistik ‘Geliat Tangerang’ ini merupakan sebagian kecil bentuk rekam jejak perkembangan Kota Tangerang, meliputi realitas dan problematika yang terjadi dalam kurun beberapa waktu terakhir yang meliputi sektor perkotaan, sosial, ekonomi dan juga seni budaya yang tumbuh di Kota Tangerang. Pameran tersebut menghadirkan 67 karya foto dengan melibatkan 16 fotografer baik dari kalangan pewarta foto profesional dari berbagai media dan peserta workshop KOTRET.

Selain mengadakan pameran fotografi, Panitia Pameran juga akan mengadakan diskusi fotografi  sebagai bagian dari rangkaian acara pameran pada hari Sabtu, 27 Februari 2016 Siang. Diskusi ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu fotografi.

“Diskusi fotografi ini kami selenggarakan sebagai bagian pengedukasian kepada masyarakat umum tentang apa itu fotografi. Semoga dengan terselenggaranya acara ini masyarakat luas khususnya masyarakat yang ada diKota Tangerang mendapatkan pengetahuan tentang apa itu sebuah karya foto jurnalistik. Dan untuk menyemarakan acara pameran ini sejumlah pagelaran musik juga akan distampilkan berbarengan dengan diadakannya pameran itu,” sambung Adri

Dengan penyelenggaraan pameran foto jurnalitstik ini Kotret berharap masyarakat yang ada di Kota Tangerang mampu menjadi pelecut semangat masyarakat Kota Tangerang untuk berbuat lebih baik bagi kemajuan Kota Tangerang dimasa depan.

Comments

Komentar