INDONESIAMAGZ.com – idPeople tertarik dengan kebudayaan Sunda? Nah di kampung ini segala hal mengenai budaya asli suku di Jawa Barat ini akan idPeople ketahui. Mulai dari sejarah hingga kesenian daerah suku Sunda dijaga kelestariannya.

Namanya adalah Kampung Budaya Sindangbarang yang terletak di Jalan E. Sukmawijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih sekitar 5 km dari kota Bogor. Berdasarkan sumber dari naskah Pantun Bogor serta Babad Pajajaran,Sindangbarang merupakan kampung yang tertua di wilayah kota dan kab. Bogor.

Jika menurut sumber Pantun Bogor diperkirakan Sindangbarang sudah ada semenjak jaman Kerajaan Sunda yang kurang lebihnya pada abad ke XII. Di sinilah dahulunya terdapat sebuah Kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang dan ibukotanya di Kutabarang.

Menurut dari cerita rakyat, dahulunya di sini menjadi tempat digemblengnya para satria-satria kerajaan. Di sini juga awal mula dari kebudayaan Sunda Bogor yang bertahan sampai saat ini yang diwujudkan dalam upacara Adat Seren Taun yang diadakan setahun sekali.

Upacara ini merupakan bentuk ungkapan rasa puji syukur masyarakat desa ini terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen serta hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini dan juga berharap agar hasil panen pada tahun depan akan menjadi lebih baik lagi.

Di Kampung Budaya Sindangbarang ini terdapat delapan macam jenis kesenian Sunda yang sudah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya. Di sini juga terdapat berbagai situs-situs purbakala peninggalan dari kerajaan Pajajaran berupa bukit-bukit berundak.

Agar tetap lestari, di kampung budaya ini juga diselenggarakan pelatihan tari dan gamelan untuk para generasi muda. Anak-anak muda yang sudah mahir dalam bidang kesenian masing-masing juga akan diikut sertakan dalam sebuah pementasan untuk menyambut tamu.

Comments

Komentar