INDONESIAMAGZ.com – idPeople, guna mendukung geopark Gunung Rinjani, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) membenahi kawasan Pusuk.

Kepala Dinas Budpar Lombok Timur Khairil Anwar mengatakan untuk mendukung geopark Rinjani, pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menggelontorkan dana sebesar Rp1.6 miliar lebih yang dikelola Dinas Budpar Lombok Timur.

Dengan adanya anggaran itu, Budpar Lotim akan mengembangkan obyek pariwisata di daerah ini, seperti pintu masuk air panas Sebau, arela wisata Pusuk dan pembenahan wisata Sembalun.

Untuk Sebau, Budpar membangun gapura, dan menyediakan sejumlah lapak. Adanya fasilitas tersebut diharapkan mampu menunjang pariwisata Lotim padanya umumnya.

Selain itu, Sebau, Pusuk, Sembalun salah satu upaya mempromosikan destinasi wisata yang ada. Baik, air panas sebau dan lainnya di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Begitu juga di Pusuk, saat ini sedang dalam pengembangan dengan membangun fasilitas. “Kita harapkan, dengan fasilitas yang ada diharapkan mampu menunjang kegiatan ekonomi masyarakat agar bisa berkembang,” ujarnya.

Lebih lanjut Khairil Anwar mengatakan, dinobatkanya Rinjani sebagai Geopar tentu kebanggan tersendiri bagi Lotim. Pasalnya, Rinjani yang sudah fenomenal menjadi aset daerah. Dengan keindahan alam sembalun dibawah kaki Gunung Rinjani, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sumber : Lombokita.com

Comments

Komentar