INDONESIAMAGZ.com – Salah satu pesona wisata Indonesia tengah yang banyak menarik minat para wisatawan yang berlibur di daerah Mamuju adalah wisata Jati Gentungan. Tempat ini memiliki pemandangan bukit yang menghijau dan sangat indah dengan pohon jati yang berjajar di sepanjang jalan akan menjadi gerbang penyambutan yang asri ketika sampai ditempat wisata ini. Jati Gentungan tepatnya memiliki lokasi di daerah Desa Gentungan tepatnya di Kecamatan Kalukku yang termasuk dalam Kabupaten Mamuju yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

Jati Gentungan adalah taman wisata pemandian yang terletak di area pegunungan. Di sini kita bisa berenang sepuasnya di air biru yang jernih dengan background pegunungan hijau yang mempesona. Pemandangan yang membuat rasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari akan hilang seketika dan dapat memberi efek rileks bagi untuk memanjakan diri sejenak.

Wahana permainan di Jati Gentungan tersedia di kedua kolam renang yang airnya biru jernih tampak kontras dengan pemandangan hijau pegunungan dan pepohonan dari kejauhan. Ada pula gazebo di sekitaran kolam dengan genting berwarna merah cerah serta aneka jenis bunga yang memberi kesan asri dan kian menambah kontras warna pemandangan.

Taman Wisata Jati Gentungan dibangun Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan dikelola untuk menarik minat wisatawan lokal. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Sulawesi Barat yang paling ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau hari libur nasional. Berbagai fasilitas yang tersedia di taman seluas 5 hektar ini cukup memanjakan pengunjung, yaitu tempat pendidikan dan pelatihan, aula ruang belajar dengan kapasitas 100 orang dilengkapi sound system,meja belajar,Laktop,LCD&Proyektor,White board,Lapangan Upacara, sarana olahraga ,Lapangan Futsal,Out door.Kolam Renang, Permainan Anak anak Water Boom, Karoke terdapat di Areal Kolam Renang dan lapangan Bulu Tangkis.

Selain itu, ada fasilitas lengkap dengan sarana penginapan yang terdiri dari empat villa, dua Kottage dan satu Asrama,Villa terdiri dari 8 Kamar dengan kapasitas 24 orang. Cottage terdiri 16 Kamar dengan kapasitas 32 orang, juga terdapat Restaurant Hijau melayani komsumsi untuk pelatihan ,juga melayani pesanan komsumsi rombongan Wisatawan. Terdapat ruang Ibadah dengan Kapasitas kira kira 80 orang. Untuk menikmati tujuan wisata ini biayanya terbilang terjangkau, yaitu Rp10.000,-. Apabila Anda ingin memancing di kolam yang terletak di bagian luar (dekat pintu masuk), Anda bahkan tidak dipungut biaya.

Untuk sampai kedaerah wisata Indonesia tengah ini, kita bisa menggunakan kendaraan seperti motor maupun mobil pribadi. Jati Gentungan terletak kurang lebih sejauh 20 km dari pusat Kota Mamuju. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa. Perjalanan dari pusat kota Mamuju sampai di Jati Gentungan hanya akan memakan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Transportasi umum yang tersedia di daerah Kabupaten Mamuju relatif terbatas, kebanyakan anda hanya akan menemui becak atau ojek.Walaupun begitu, anda tidak perlu kuatir, anda bisa memilih untuk menyewa mobil yang disediakan di wilayah dekat dengan pasar. Wisata Indonesia tengah ini berada di kota Mamuju yang merupakan suatu daerah di antara Makassar yaitu kota dari Sulawesi Selatan dan Palu yang merupakan kota di Sulawesi Tengah. Dari Makassar menuju Mamuju anda akan menempuh perjalanan sepanjang 446 km sedangkan dari Palu ke kota Mamuju dipisahkan oleh jarak 425 km. Untuk anda yang lebih memilih untuk menggunakan transportasi lewat udara, idPeople bisa mencapai kota Mamuju melalui kota Makassar.

Perjalanan dengan pesawat akan memakan waktu kurang lebih 1 jam dari Makassar ke Mamuju. Namun, jika ingin lebih menikmati perjalanan darat, kita bisa menggunakan layanan bus AC yang disediakan sebagai penghubung Makassar dan Mamuju. Perjalanan melalui darat akan memakan waktu 12 jam. Bus yang tersedia untuk perjalanan Makassar – Mamuju biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpangnya.

Comments

Komentar