INDONESIAMAGZ.com – idPeople pasti tau Raja Ampat yang kini tengah di agung-agungkan karena keindahannya. Wisatawan lokal maupun manca negara penasaran untuk dapat mendatanginya. Namun, dibalik itu ada danau Sentani yang keindahannya tak kalah dengan Raja Ampat. Saking besarnya danau Sentani, dari atas udara dapat terlihat berbagai pulau di danau tersebut.

Sejarahnya dulu, danau Sentani menjadi lokasi dari tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Dibangun oleh Jepang, namun diambil alih oleh Angkatan Darat Amerika tahun 1944. Legenda Perang Dunia kenamaan Amerika, Jenderal McArthur, dikabarkan pernah tinggal di danau Sentani.

Danau Sentani tampak menawan dengan latar Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan pepohonan hijau. Di sekitar danau Sentani setidaknya terdapat 24 desa yang dihuni oleh banyak penduduk dan suku lokal. Warga lokal tersebut menjual hasil kerajinan tangan khas Papua. Salah satu keunikan utama dari danau Sentani adalah keberadaan pulau yang ada di danau tersebut. Bukan cuma satu atau lima, tapi 22 pulau yang tersebar di danau Sentani. idPeople bisa mampir ke salah satu pulau dengan menyewa perahu motor di salah satu desa.

Salah satu pulau yang cukup populer di danau Sentani adalah pulau Asei. Di pulau tersebut wisatawan dapat belanja kerajinan tangan khas Papua, seperti kain kulit kayu bermotif indah, serta berbagai kekhasan lainnya.

Sehari-harinya, dapat disaksikan aktivitas masyarakat yang sedang mencari ikan, setidaknya 33 jenis ikan. Danau Sentani juga menjadi habitat asli ikan gergaji yang diperkirakan sudah punah. Baiknya idPeople berwisata ke danau Sentani pada bulan Juni. Karena pada bulan Juni setiap tahunnya diselenggarakan Festival Danau Sentani. Dalam festival tersebut ditampilkan atraksi dari suku lokal, termasuk ‘Tarian Perang’ yang konon dulu dilakukan sungguhan.

Comments

Komentar