INDONESIAMAGZ.com – Eksotisme Afrika ternyata terdapat juga di pulau Jawa. Bila tidak percaya, idPeople dapat menyambangi Taman Nasional Baluran. Di sini kamu akan merasakan suasana seperti di tanah kelahiran Nixau dalam film The God Must Be Crazy.

Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Batas wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, dan di tengah kawasan ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. Namun menjadi pemandangan yang cantik ketika kita melihat padang savana dari kejauhan.

Hamparan savana di sini merupakan yang terluas di pulau Jawa. Taman Nasional Baluran juga merupakan destinasi wisata yang cukup berbeda. Sebab idPeople bisa menemukan banyak sekali satwa liar yang benar-benar liar tidak seperti di kebun binatang atau Taman Safari.

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Nah bagi idPeople pencinta fotografi sebaiknya datang ke sini pada saat musim kemarau. Sebab pada musim kering, satwa seperti rusa, banteng, burung merak yang berada di dalam hutan keluar menuju savana.

Sumber : kompas.com

Comments

Komentar