INDONESIAMAGZ.com – Bapak proklamator Indonesia Ir. Soekarno memiliki sense yang tinggi bila berhubungan dengan seni. Apalagi bila berhubungan dengan membangun bangunan, monumen ataupun membuat patung. Apakah idPeople tahu, Bung Karno juga meninggalkan beberapa bangunan dan monumen di Jakarta.

Masjid Istiqlal

Masjid kebanggaan bangsa Indonesia. Masjid ini diakui sebagai terbesar di Asia Tenggara. 24 Agustus 1951 Bung Karno melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan masjid. Frederich Silaban sang arsitek yang membuat Istiqlal memiliki kubah berdiameter 45 meter dengan tinggi 5 lantai dan mampu menampung hingga lebih dari dua ratus jemaah.

Monumen Nasional

Monumen Nasional yang sering disebut Monas. Monumen peringatan dengan tinggi 132 meter, didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen memakan waktu hampir enam tahun (17 Agustus 1961 – 12 Juli 1975) di bawah perintah presiden Soekarno .

Stadion Gelora Bung Karno

Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno adalah sebuah kompleks olahraga serbaguna di Senayan, Jakarta. Kompleks olahraga ini dinamai untuk menghormati Bung Karno sebagai Presiden Pertama Indonesia dan pencetus gagasan pembangunan kompleks olahraga terbesar se-Asia Tenggara. Sempat semasa Orde Baru nama kompleks olahraga ini diubah menjadi Stadion Utama Senayan. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama kompleks olahraga ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.[1].

Hotel Indonesia

Hotel Indonesia adalah hotel berbintang pertama yang dibangun di Jakarta, Indonesia. Hotel ini diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden RI Pertama, Soekarno untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962. Bangunan Hotel Indonesia dirancang oleh arsitek Abel Sorensen dan istrinya, Wendy, asal Amerika Serikat. Menempati lahan seluas 25.082 meter persegi, hotel ini mempunyai slogan A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together. Hotel ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemda DKI dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tanggal 29 Maret 1993.

Wisma Nusantara

Wisma Nusantara adalah gedung perkantoran setinggi 117 meter dan 30 lantai yang terletak di Bundaran HI, Jakarta, Indonesia. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1964 dan selesai dibangun pada tahun 1967 dan merupakan gedung pencakar langit pertama di Indonesia.

Patung Dirgantara

Monumen Patung Dirgantara, atau lebih dikenal dengan nama Patung Pancoran, patung ini dirancang oleh Edhi Sunarso sekitar tahun 1964 – 1965 dengan bantuan dari Keluarga Arca Yogyakarta. Rancangan patung ini berdasarkan atas permintaan Bung Karno untuk menampilkan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang dirgantara. Penekanan dari desain patung tersebut berarti bahwa untuk mencapai keperkasaan, bangsa Indonesia mengandalkan sifat-sifat jujur, berani, dan bersemangat.

 

sumber : http://www.bintang.com/unique/read/2192946/ini-6-bangunan-peninggalan-bung-karno-untuk-jakarta

Comments

Komentar