INDONESIAMAGZ.com – Masakan tradisional nusantara sangat beragam, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Bagi idPeople yang kangen masakan Yogyakarta, Bale Raos yang sudah terkenal di lingkungan Keraton Yogyakarta sebuah pilihan  menarik.

Bale Raos tergagas dari misi ingin melestarikan kekayaan budaya khususnya dalam hal keanekaragaman hidangan khas Kraton Yogyakarta. Selain itu, untuk pengangkatan citra makanan tradisional di mata masyarakat nasional maupun internasional. “Bale Raos adalah rumah makan yang menyajikan masakan kesukaan Sultan Yogyakarta, dari masakan favorit Sultan Hamengkubuwono VII sampai ke Sultan Hamengkubuwono X,” terang Gede Irwanto Purnawan, Supervisor Bale Raos jalan Suryo.

Bale Raos menyajikan menu-menu favorit penguasa Keraton Yogyakarta. Saat ini, Bale Raos ada dua, pusatnya berada di dalam lingkungan Keraton Yogyakarta di Jalan Magangan Kulon Nomor 1, yang berdiri pada tahun 2003 dan cabangnya di Jalan Suryo. Salah satu menu yang menjadi andalan adalah nasi Golong. “Nasi Golong seringkali  disajikan dalam rangkaian upacara adat di Kraton Yogya dengan berbagai pelengkap seperti sayur dan lauk-pauk,” Jelas pria asli yogyakarta ini. Nasi golong terdiri dari nasi putih yang telah dibentuk bundar kecil, pecel ayam, telur rebus, sayur menir dan trancam. Selain itu ada menu makanan seperti, nasi tradisional, nasi kuning, garang asam, brongkos, gudeg, bebek ungkep, lontong, kikil, gurame acar, urip-urip gulung dan masakan khas keraton lainnya.

Untuk minuman ada wedang uwuh yang dijamin akan menyegarkan tenggorokan idPeople.  Wedang uwuh berisi berbagai jenis herba di antaranya adalah rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. “Agar lebih manis kami menggunakan gula batu,” tutupnya.

Comments

Komentar