INDONESIAMAGZ.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan terbentuknya Forum Kerjasama Pariwisata Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (FK-PPDSI) serta meluncurkan The Wonderful Indonesia Expo-– The Europe Travel Agencies Meeting di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (7/3).

Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Mardani H. Maming, SH dalam sambutannya mengatakan, percepatan pencapaian realisasi program pembangunan nasional bidang pariwisata membutuhkan kontribusi dan kerja keras seluruh pelaku pembangunan dalam berbagai kegiatan, dengan berpedoman pada sasaran pembangunan serta arah kebijakan dan strategi nasional. “Terkait kebutuhan percepatan pencapaian program nasional di bidang pariwisata tersebut, Kemenpar secara aktif telah menginisiasi pemberdayaan peran seluruh pemerintah daerah dalam berbagai kegiatan strategis, antara lain turut mendukung dan memfasilitasi pengembangan kegiatan Forum Kerjasama Pariwisata Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (FK-PPDSI) sebagai sarana untuk memfasilitasi pemerintah daerah dalam berbagai kebutuhan kegiatan kesinergian nasional dan internasional pengembangan potensi destinasi wisata daerah, melalui berbagai kegiatan diskusi strategis dan sarana penjajakan kerjasama antar pemerintah daerah dan pelaku usaha di bidang pariwisata,” kata Mardani H. Maming.

Menpar Arief Yahya menegaskan, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tahun 2016 sebagai tahun percepatan akselerasi dalam rangka mewujudkan pencapaian target pembangunan pariwisata tahun 2019, yakni harus; dapat memberikan kontribusi pada PDB nasional sebesar 8%, devisa yang dihasilkan sebesar Rp 240 triliun, menciptakan lapangan kerja di bidang pariwisata sebanyak 13 juta orang, target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta wisman dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 275 juta, serta indeks daya saing pariwisata Indonesia berada di ranking 30 dunia.

“Percepatan yang dimulai pada tahun ini, pariwisata harus tumbuh sebesar 20%, dari 10,4 juta wisman yang dicapai tahun 2015 menjadi menjadi 12 juta wisman. Untuk mencapai target yang tinggi ini membutuhkan sinergisitas yang melibatkan seluruh stakeholder pariwisata, terutama pemerintah daerah yang tergabung dalam Forum Kerjasama Pariwisata Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (FK-PPDSI) khususnya dalam mengimplementasi kebijakan strategis nasional sebagai terobosan mencapai target 20 juta wisman,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, salah satu kebijakan percepatan pariwisata adalah mewujudkan pengembangan 10 destinasi wisata prioritas dengan mengggunakan pendekatan konsep single destination, single management. “Pembangunan 10 destinasi prioritas ini merupakan terobosan dalam mengembangkan destinasi yang memiliki daya saing global tinggi. Kita proyeksikan dari ’10 Destinasi Bali Baru’ ini akan diperoleh sebanyak 8,5 juta wisman untuk mendukung target 20 juta wisman tahun 2019,” kata Menpar Arief Yahya.

Comments

Komentar