INDONESIAMAGZ.comidPeople, ada kabar gembira tenyata saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Januari 2016 sebanyak 814,3 ribu atau mengalami pertumbuhan 3,6% dibandingkan Januari 2015. Pertumbuhan tersebut antara lain dipicu oleh naiknya kunjungan wisman melalui pintu masuk Bandara Ngurah Rai Bali (great Bali) pada Januari 2016 yang mencapai dua digit.

Data BPS dan Asdep Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyebutkan, dari jumlah kunjungan wisman (dalam arti luas) sebanyak 814,3 ribu tersebut, sebanyak 740,6 ribu adalah wisman reguler. Dari 740,6 ribu wisman reguler ini yang masuk melalui Bandara Ngurah Rai Bali (great Bali) tercatat sebanyak 343,7 ribu wisman atau sebesar 47%.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahwa selain great Bali, great Batam-Kepri dan greatJakarta juga memicu pertumbuhan wisman ini.

“Kunjungan wisman pada Januari yang tumbuh positif ini suatu prestasi karena tahun sebelumnya bila musim liburan panjang hari raya Imlek jatuh Februari 2016, kunjungan wisman pada Januari sering negatif,” kata Arief Yahya.

Menpar menjelaskan, melihat pertumbuhan wisman ke Bali yang mencapai dua digit pada Januari 2016 menunjukkan bahwa pola perjalanan wisman, khususnya dari Cina dan negara ASEAN, banyak yang memanfaatkan liburan panjang sebelum hari H (Imlek) berkunjung ke Bali. Artinya, sebelum hari raya Imlek mereka sudah berlibur ke Bali sehingga lama tinggal mereka menjadi panjang.

Promosi di Perbatasan NKRI

Dalam upaya menarik kunjungan wisman dari wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kemenpar tahun ini menggencarkan promosi Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dengan menggelar festival border tourism secara reguler dan lebih menarik.

“Menggencarkan festival di wilayah perbatasan dengan negara lain menjadi alat efektif untuk menjaring wisman lebih banyak lagi masuk ke Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya menjelaskan, ada ratusan titik perbatasan yang akan digeber dengan gelaran event antara lain jalur perlintasan darat di Kalimantan, Papua, Timor, dan laut Filipina yang bisa ditempuh dengan jalur kapal dengan cepat. Seperti yang dilakukan di wilayah borderland Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) baru-baru ini dapat meningkatkan kunjungan dari Malaysia hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa. Menpar berharap tahun ini kunjungan wisman borderland meningkat pesat, seperti halnya kunjungan wisman lintas darat Singapura-Malaysia-Thailand yang setiap tahun memberikan kontribusi besar .

Kontribusi kunjungan wisman dari borderland ke Indonesia tahun 2015 cukup besar mencapai 3,6%. Data stastistik BPS menyebutkan, dari jumlah kunjungan wisman 2015 sebesar 10.406.759 wisman terdiri atas; wisman melalui 19 pintu masuk (19 point of entry) sebagai foreign visitor sebanyak 9.729.350 wisman atau sebesar 93,49%; lewat pintu perbatasan atau foreigners who enter througt the cross border post sebanyak 370.869 wisman atau 3,56%; dan kunjungan singkat wisman selama setahun atau other short foreigner visitorsin 1 year sebanyak 306.540 wisman atau sebesar 2,95%.

Sumber : indonesia.travel

Comments

Komentar