INDONESIAMAGZ.com – Besok idPeople akan menyaksikan peristiwa bulan melintas di antara bumi dan matahari. Gerhana Matahari Total (GMT), peristiwa itu biasa di sebut, terjadi ketika kedudukan matahari, bulan, dan bumi terletak pada satu garis lurus dan menyebabkan cahaya matahari yang jatuh ke bumi terhalang oleh bulan.

Gerhana Matahari Total (GMT) diperkirakan baru akan terjadi lagi di Indonesia sekitar 350 tahun mendatang. Sayang bukan, bila melewatkan fenomena di mana ketika matahari bersinar malahan menjadi gelap gulita.

GMT akan berlangsung selama 1 hingga 3 menit pada tanggal 9 Maret 2016. Fenomena ini dapat disaksikan secara utuh di Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.

Ada beberapa kota yang dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian saja. Kota-kota itu adalah Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon.

Waktu GMT di wilayah Indonesia bagian barat terjadi pada sekitar pukul 06.20, di wilayah tengah sekitar pukul 07.25 WITA, dan di wilayah timur sekitar pukul 08.36 WIT.

Comments

Komentar