INDONESIAMAGZ.com, DEPOK- idPeople ada yang tau berapa banyak warisan etnis kain khas Indonesia? terdapat lebih dari 1000 etnis Indonesia yang dalam kekayaan seni kain yang berbasis budaya belum tersentuh pengembangannya. Untuk itu budaya dan warisan Indonesia harus dilestarikan kalo bukan kita siapa lagi idPeople?

Belakanagan ini banyak berbagai desiner-desiner muda mengangkat busana yang menggunakan bahan utamanya kain etnis Indonesia, salah satunya Batik yang sudah mendunia. Para desiner tersebut akhirnya membuat komunitas dan membentuk wadah dalam naungan Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI).

Perancang busana di tahun 90 an, H Rizal Boeyoeng Raiz yang menjadi ketua KDEI memaparkan, bahwa Indonesia memiliki keberagaman kain nusantara dan itu menjadi identitas Indonesia di mata dunia. Para desainer etnik anggota KDEI sangat serius mengangkat budaya Indonesia yang memiliki kekayaan dan keragaman jenis kain yang melambangkan seni budaya bangsa. Hal ini juga dapat mengangkat harkat dan martabat profesi desainer etnik Indonesia.

Demi mempertahakan warisan budaya Indonesia, KDEI membuat momentum melalui peyelenggaraan pameran busana etnik dengan tema ‘Pesona Etnik Indonesia’ yang berlangsung pada tanggal 8 hingga 31 Maret 2016 di Cinere Bellevue Mall. “Acara ini melibatkan 70 perancang etnik terkenal seperti karya Itang Yunasz, Ida Royani, Ikat Indonesia by Didit Maulana, Raizal Rais, Corrie Kastubi, Stephanus Hamy, Jadin C dan banyak lagi desainer lainnya,” tutur pria yang akrab disapa Buyung saat jumpa pers peresmian DEGA etnik di Cinere Bellevue Mall, Depok, Selasa (8/3).

Buyung juga memaparkan, bahwa tujuan terbentuknya KDEI untuk memberikan wadah komunitas antar desainer yang secara konsisten, mengangkat kain nusantara yang merupakan identitas Indoneisa dimata dunia ke dalam karya-karyanya. Sehingga dapat mengangkat harkat martabat profesi desainer etnik Indonesia dalam bentuk rancangan motif-motif baru dan yang terus dilestarikan.

Saat ini para desainer yag tergabung dalam komunitas desainer etnik Indonesia banyak membuat busana dengan kreasi yang unik, dengan aplikasi kain nusantara mulai dari motif batik, tenun, songket dan lainnya. Dengan menonjolkan keindahan corak mulai dari busana cocktail, gaun malam, busana muslim, busana pengantin, hingga pakaian yang siap pakai untuk anak-anak muda.

Acara pameran busana etnik ‘Pesona Etnik Indonesia’ ini akan dimulai dengan fashion show busana tradisional daerah dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Betawi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lombok, Kalimantan Barat dan Sulawesi Barat.

Comments

Komentar