INDONESIAMAGZ.com, Jakarta – Wonderful Indonesia akan unjuk prestasi di bursa pariwisata terbesar dunia ITB (Internationale Tourism Bourse) Berlin, Jerman yang akan berlangsung pada 9-13 Maret 2016 mendatang. Prestasi Indonesia yang baru-baru ini dibuktikan dengan memperoleh 9 penghargaan (award) bergengsi dari tiga organisasi pariwisata internasional tersebut semakin memperkuat posisinya sebagai negara tujuan wisata kelas dunia.

Menteri Pariwisata (Arief) Arief Yahya menjelaskan, delegasi Indonesia di bursa ITB Berlin akan all out mengerahkan daya upaya dalam rangka menjual Wonderful Indonesia untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 12 juta dan akan menjadi 20 juta wisman pada 2019 mendatang. “Wonderful Indonesia telah mendapat pengakuan masyarakat dunia, terbukti dengan diperolehnya 9 award internasional dari organisasi pariwisata internasional,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, di antara 9 award pariwisata internasional tersebut adalah terpilihnya Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai The Best Halal Destination Award 2015 dan The Best Halal Honeymoon Award 2015 di ajang World Halal Travel Awards 2015 yang diselenggarakan oleh Uni Emirat Arab. “Lombok sudah juara dunia. Kita harus ambil momentum emas untuk mempromosikan wisata halal Lombok ke seluruh dunia melalui Messe Berlin tahun ini,” kata Arief Yahya.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) gencar melakukan promosi pariwisata ke seluruh dunia melalui kegiatan branding, advertising, dan selling (BAS). Untuk kegiatan selling antara lain dengan menyelenggarakan kegiatan salles mission ke negara sumber wisman dan mengikuti bursa pariwisata internasional di antaranya terbesar dunia seperti; ITB Berlin, WTM London, dan FITUR Madrid. Selain itu mengiuti bursa pariwisata internasional di ATM Dubai untuk membidik pasar Timur Tengah, CTM Kunming China, NATAS Travel Fair Singapura, MATTA Malaysia, serta Hongkong, Jepang, maupun Korea.

Indonesia merupakan negara yang aktif mengikuti bursa pariwisata internasional di ITB Berlin. Bursa pariwisata dunia paling tua ini setiap tahun diikuti sekitar 285 negara, 850 qualified top buyers, 10.000 eksibitor dan 23.000 convention visitors. Pada penyelenggaraan ITB Berlin tahun 2015 yang lalu, delegasi Indonesia menyertakan 88 industri pariwisata berhasil memperoleh transaksi senilai Rp 4,8 triliun, sedangkan pada tahun ini diproyeksikan akan meningkat sekitar 20%.

Tahun 2015 hingga awal 2016 pariwisata Indonesia mendapat 9 award internasional yakni; Pertama, 3 awards dari World Halal Travel Awards 2015 yang diselenggarakan Uni Emirat Arab yaitu; Lombok sebagai The World’s Best Halal Tourism Destination, Lombok sebagai The World’s Best Halal Honeymoon Destination, dan Sofyan Hotel sebagai The World’s Best Family Friendly Hotel.

Kedua, 3 awards dari UNWTO yakni sebagai; The winner of the UNWTO Award in Innovation in Public Policy and Governance : Culture and Tourism Banyuwangi Regency, Garuda Indonesia and Coca Cola Amatil Bali Beach Clean-up; The first runner up of the UNWTO Award for Innovation in Non-Governmental Organizations: Yayasan Karang Lestari – Coral Reef Reborn Pemuteran, Bali.

Ketiga, 3 awards dari ASEANTA dalam pertemuan ATF di Manila 2016 yakni sebagai; Best ASEAN Tourism Photo melalui foto berjudul “Morning in Bromo” karya Agung Parameswara; Best ASEAN Cultural Preservation Effort melalui “Saung Angklung Mang Udjo”; dan Best ASEAN Travel Article berjudul The Perfect Wave dari Majalah Colour Magazine milik Garuda Indonesia.

Comments

Komentar