INDONESIAMAGZ.com – idPeople Maskapai berplat merah Garuda Indonesia akan membuka penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Silangit, Sumatera Utara, pada 24 Maret 2016. Penerbangan ini dibuka untuk mendukung promosi dan percepatan pengembangan Danau Toba sebagai “Monaco Asia”.

Kesepakatan penerbangan ini telah ditandatangani melalui perjanjian antara pihak Garuda Indonesia dengan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, yang dilaksanakan pada 3 Maret 2016

Bandara Silangit terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara, dan merupakan akses transportasi udara terdekat untuk menjangkau destinasi wisata Danau Toba. Penerbangan reguler dari Jakarta ke Bandara Silangit akan dibuka 3 kali seminggu dengan menggunakan pesawat Bombardier CSJR 100.

“Ini sebuah kabar yang mengembirakan. Impian kita terwujud, kita promosikan dan dukung secara bersama-sama karena ini merupakan upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Monaco Asia, sehingga secara otomatis masyarakat di sekitar Danau Toba akan maju dan sejahtera,” ujar Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan saat menandatangani kesepakatan dengan PT. Garuda Indonesia di Rumah Dinas Tapanuli Utara.

Dengan demikian, Danau Toba semakin mudah diakses karena penerbangan ini akan memotong 2-3 jam perjalanan darat yang dihabiskan dari Bandara Kualanamu Medan ke Bandara Silangit. Dari Silangit, wisatawan berkendara lagi dengan bus sekira 1-2 jam untuk menuju Danau Toba.

Bandara Silangit sendiri untuk saat ini tengah diperluas 2.650 meter dan memiliki landasan pacu 40 meter untuk memungkinkan pesawat Boeing 737 mendarat. Revitalisasi ini diprediksi rampung pada 2018.

Langkah Garuda ini sebagai tindak lanjut Rapat Terbatas (Ratas) Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan dimoderatori Menpar Arief Yahya. Presiden Joko Widodo telah menetapkan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi utama yang pengembangannya harus dipercepat.

Danau Toba, sebagai danau terluas di Asia Tenggara, menaungi tujuh kabupaten sekaligus dan pengelolaannya melibatkan sejumlah kementerian terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum dan lain-lain.

Sumber : indonesia.travel

Comments

Komentar