INDONESIAMAGZ.com – Salah satu perusahaan penerbangan perintis, PT. Spirit Avia Sentosa (Flying SAS), meresmikan penerbangan di wilayah Papua. Penerbangan ini diwujudkan demi mendukung pembangunan di wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Rute penerbangan yang dibuka dimulai dari Kabupaten Biak menuju pedalaman Papua seperti Sugapa, Illaga, Mulia, Bade, Enarotali, Tanah Merah, Wagete, Kepi, Mappi, Ewer, Pogapa, Monanami, Serui, Kimam, Wanam, Senggo, Mindiptanah, Bokondini, Kelila, Elelim, Karubaga, Tiom, Kobakma, Apalapsili, Dekai, Bioga, Sinak, Kenyam, Potowai, Jila dan Enduga. Penerbangan yang sudah memegang air operator certificate ini bermarkas di hangar eks Merpati, Bandara Udara Frans Kaisepo, Biak.

Managing Director PT. Spirit Avia Sentosa, Kevin Audy Lesmana, mengatakan bahwa misi Flying SAS sejalan dengan program Presiden Joko Widodo untuk percepatan pembangunan wilayah timur, khususnya Papua.

Untuk melayani Papua, pihaknya mengoperasikan empat pesawat yakni Cessna Caravan dan 3 Twin Otter. Keempat armada tersebut akan ditempatkan di Biak, Nabire, Timika, Wamena dan Merauke untuk mengangkut penumpang dan kargo untuk wilayah pedalaman Papua.

“Disamping sebagai operator penerbangan, kami juga bekerja sama dengan doctorshare untuk memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman Papua,” jelasnya.

Bupati Biak, Thomas Ondi menyambut baik kehadiran Flying SAS, karena ada tiga masalah yang bisa dipecahkan dengan beroperasinya transportasi udara tersebut.

“Beroperasinya SAS di Biak membuat tiga masalah terpecahkan, yakni masuknya investasi, ada sarana tranportasi menuju daerah yang jauh dan terpencil, serta menghidupkan kembali kegiatan Bandara Frans Kaisiepo Biak,” kata Thomas Ondi.

Sumber : indonesia.travel

Comments

Komentar