INDONESIAMAGZ.com – idPeople ternyata pisang goreng tidak hanya cocok ‘berteman’ dengan kopi saja. Di Manado pisang goreng kipas sangat cocok dinikmati dengan sambal. Tak ada yang berbeda antara Pisang Goreng Manado dengan pisang goreng pada umumnya, termasuk pada cara pembuatannya. Awalnya pisang jenis kepok dikupas lalu dipotong pipih sehingga menjadi lebar, untuk kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu yang telah dicampurkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan tertentu, lalu dimasak dengan menggunakan minyak panas.

Meski cara pembuatannya sama, ada satu hal yang spesial dari Pisang Goreng Manado, yaitu cara memakannya. Pisang Goreng Manado biasa dimakan dengan cocolan sambal ikan Roa. Orang Minahasa dari dulu suka makanan gurih dan pedas, seperti ini, makan pisang goreng jadi nikmat kalau pakai sambal.

Benar saja idPeople, perpaduan pisang goreng yang manis dan legit dengan sambal ikan Roa yang pedas dan gurih menghasilkan cita rasa khas Manado yang nikmat di mulut. Makan pisang goreng dengan cocolan sambal tentu menjadi pengalaman unik yang hanya ada di Manado.

Sambal Roa dibuat dengan bahan utama ikan asap roa. Konon katanya ikan ini hanya terdapat di Manado makannya sambal ini berasal dari Manado. Oya, kelebihan sambal ini konon katanya bisa tahan lama dan mudah dalam pembuatannya.

Untuk kepedasan sambal roa ini tergantung pada selera idPeople, apabila kurang pedas dapat ditambahkan porsi cabe rawit waktu membuatnya. Sambal roa khas manado ini sangat enak disajikan bersama dengan nasi panas, atau juga bisa disajikan dengan bubur khas manado yang tentunya sangat gurih dan lezat. Untuk resep sambal roa ini, aroma ikan roa sangatlah terasa jadi dapat dipastikan dapat menambah selera makan idPeople bersama dengan keluarga.

Comments

Komentar