INDONESIAMAGZ.com – Belahan Indonesia bagian timur mempunyai daya tarik yang tinggi. Salah satu tempat yang dapat idPeople kunjungi yaitu Danau Tiga Warna yang merupakan salah satu pesona Flores, NTT. Warna hitam, biru tua, dan biru di danaunya, serta cantik sunrise di sana, mampu mencuri perhatian traveler di seluruh dunia. Fenomena alam yang unik mampu mengantarkan danau yang berada di kawasan Taman Nasional Kelimutu masuk dalam deretan nominasi keajaiban dunia.

Danau Tiga Warna yang dikenal dengan nama Danau Kelimutu ini terdiri dari 3 danau berbentuk kawah yang terpisah letaknya di sisi kanan dan kiri. Danau di sebelah kiri yang biasa dikenal sebagai Tiwu Ata Mbupu, dipercaya masyarakat lokal sebagai tempat persinggahan arwah-arwah orang tua. Di sebelah kanan, terdapat dua danau yang dipisahkan tebing tipis, yaitu biasa disebut Tiwu Nuwa Muri Ko’o Fai dan Tiwu Ata Polo. Tiwu Nuwa Muri Ko’o Fai dipercaya sebagai tempat persemayaman arwah muda-mudi, sedangkan Tiwu Ata Polo dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah orang-orang jahat. Uniknya, ketiga danau ini warnanya dapat berubah-ubah, sesuai dengan cuaca, kandungan mineral, serta pengaruh lumut dan bebatuan di kawah. Warnanya bisa hijau, hijau lumut, biru, coklat, kehitaman, putih dan merah.

Terlepas dari itu, Danau Kelimutu menawarkan sajian alam yang sungguh mempesona. Untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan melewati banyak anak tangga untuk tiba di puncak. Rasa lelah idPeople akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan tiga danau di puncak Gunung Kelimutu itu. Udara yang segar dan pepohonan yang masih hijau dan asri, akan membuat idPeople betah berlama-lama.

Cottage kayu di Kampung Moni yang terletak di kaki Gunung Kelimutu bisa jadi pilihan tempat bermalam. Atau, idPeople bisa memilih homestay milik warga setempat yang bertebaran di Kampung Moni. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk mencapai lokasi Danau Kelimutu dari Kampung Moni. idPeople bisa menyewa kendaraan dari penduduk setempat atau agen wisata yang banyak tersedia disana. Pemandangan sepanjang jalan menuju lokasi sungguh cantik. Biaya masuk ke kawasan Danau Kelimutu sangat murah. Jadi, idPeople yang punya biaya terbatas tetap bisa menikmati pesona Danau Kelimutu dan panorama sekitarnya.

Comments

Komentar