INDONESIAMAGZ.COM – idPeople, wahana wisata yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan jika liburan ke Bogor. Selain bisa bermain, kamu juga belajar mengenal berbagai flora dan fauna. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB) ini terletak di Babakan Kencana 35, Lido-Cigombong Bogor.

PPKAB merupakan sebuah lokasi yang perannya adalah sebagai salah satu tempat untuk mengenalkan akan kekayaan alam hutan hujan tropis pada masyarakat umum dan juga masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). PPKAB ini sendiri terbentuk atas prakarsa dari tiga lembaga, yaitu adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Conservation International Indonesia (CII), dan juga Yayasan Alam Mitra Indonesia (ALAMI).

PPKAB sudah mulai diperkenalkan secara umum pada masyarakat luas pada tahun 1998. Lokasinya berada pada ketinggian 800 diatas permukaan laut, merupakan salah satu area atau zona pemanfaatan yang berada didalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, perannya dapat menopang keragaman hayati yang tinggi.

Beberapa macam jenis tumbuhan yang berbunga, tumbuhan untuk obat, tanaman hias bisa ditemukan didalam kawasan ini dan beberapa termasuk di dalamnya adalah satwa endemik jawa, Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan owa Jawa (Hylobates moloch).

Selain sebagai sebuah lokasi pendidikan konservasi alam, PPKAB juga memiliki peran sebagai kawasan penelitian serta ekowisata yang terbatas. Dalam jalur ini terdapat sebuah rangkaian point of interests yang berupa fenomena-fenomena dari hutan hujan tropis.

Dengan dibantu oleh pemandu, pengunjung akan diajak untuk lebih memahami karakteristik hutan hujan tropis. Dalam jalur ini pula, pemandu dari PPKAB juga akan membawakan permainan-permainan yang bernuansakan alam yang akan menambah khazanah ilmu pengetahuan bagi para pengunjung.

Sumber

 

Comments

Komentar