INDONESIAMAGZ.com – idPeople, Kota Malang sudah siap menjadi tuan rumah Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang ke-2 pada 31 Maret-1 April 2016. Untuk mendukung kegiatan ini, Kementerian Pariwisata telah menyiapkan serangkaian kegiatan seperti Expo (1-5 April), HelloFest Malang Raya (3 April) dan Uklam-Uklam/City tour (3 April).

ICCC merupakan konferensi kota kreatif yang digelar untuk menghubugkan Indonesia dengan Jaringan Kota Kreatif Dunia. Pada 2012, UNESCO Creative City Network (UCCN) membuka kesempatan bagi kota kreatif di dunia untuk mengirimkan aplikasi agar bergabung dengan Jaringan Kota Kreatif Dunia. Kemudian Kementerian Pariwisata meminta 5 kota kreatif yaitu Solo, Denpasar, Pekalongan, Yogyakarta dan Bandung untuk mengirimkan aplikasinya.

Setiap kota diajukan dengan keunggulannya masing-masing, seperti Pekalongan dengan kategori craft, Bandung dengan desain, Solo dengan desain, sementara Denpasar dan Yogyakarta dengan craftnya.

“Malang memang tidak ada diantara 5 kota kreatif yang diajukan, dulu kami sempat mengusulkan Malang yang unggul dari segi kuliner, tapi pak Walikota rupanya ada ide lain,” kata Arief Yahya dalam acara talkshow Sapa Indonesia Pagi di Kompas TV, Selasa (29/03).

Sementara itu Walikota Kota Malang, Mochammad Anton, mengatakan bahwa Malang memiliki potensi yang besar dalam melahirkan ide kreatif digital.

“Tentu ini sebuah penghargaan bagi kami menjadi tuan rumah kedua setelah Solo. Dulu, Malang memang terkenal dengan kuliner, namun kami melihat perkembangan secara parsial, banyak sebetulnya komunitas pemuda kreatif yang sudah meng-internasional di bidang digital, digital animasi misalnya,” jelas Mochammad Anton.

Lanjut Mochammad Anton, untuk mencapai tujuan itu maka segala persiapan sedang dilakukan.

“Kami melihat 16 sektor industri kreatif yang bisa mendorong perkembangan ekonomi kreatif Malang, kami memiliki semua sektornya tapi mesti kami pilih, terutama yang melibatkan banyak anak muda. Kemudian kami membentuk komite Malang kreatif untuk anak muda dan obsesi mereka tinggi,” katanya.

ICCC Expo 2016 kali ini akan fokus pada upaya Indonesia menyongsong diberlakukannya Masyarakat Bersama ASEAN (ASEAN Economic Community). ICCC Expo 2016 nantinya akan melibatkan negara-negara di luar negeri, yaitu beberapa sister city Kota Malang yang tersebar di Eropa maupun Asia, misalnya Jepang, Korea dan Thailand. Di penghujung acara, putra daerah yang namanya sudah mendunia yaitu Wahyu Aditya, atau yang juga dikenal sebagai penggagas Hellofest, akan melibatkan acaranya untuk ICCC Expo 2016.

Sumber

Comments

Komentar