INDONESIAMAGZ.com – International Musi Triboatton (IMT) 2016 akan digelar pada tanggal 11-15 Mei 2016. Penyelenggaraan even tahunan ajang olahraga dayung (rafting, kano, dan dragonboat) bertaraf internasional ini dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata Sumsel serta memperkenalkan Sungai Musi sebagai destinasi wisata minat khusus melalui kegiatan sport tourism bertaraf internasional.

“Di Musi Tribuaton ada olahraga kayak, dragon boat, dan rafting. Sungai akan terjaga baik dengan adanya festival tersebut,” kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam Launching Musi Triboatton di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Gubernur Alex Noerdin menjelaskan, ada empat kabupaten dan satu kota sebagai tuan rumah pelaksanaan IMT tahun ini yaitu; Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang dan Kota Palembang, “Pembukaan akan dilaksanakan di Gelanggang Remaja Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin pada 12 Mei 2016,” kata Alex Nordin.

Sementara itu Menpar Arief Yahya menyambut baik diselenggarakan IMT yang memasuki tahun ke-5 dan semakin dikenal kemancanegara,”Melalui penyeleggaraan even sport tourism merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata Sumsel ke mancanegara sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan karena even seperti ini memberikan direct impact dan media value yang tinggi,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, sejumlah even sport tourism yang berlangsung tahun ini antara lain IMT 2016, Tour de Singkarak, Tour de Banyuwangi Ijen, Tour de Bintan, Jakarta Marathon, serta Bintan Triatlon kemudian disusul dengan triatlon Ironman 70.3 Bintan akan mendongkrak pariwisata nasional. “Pada Februari 2016 jumlah kunjungan wisman mencapai 888,3 ribu wisman atau tumbuh 5,26% dibandingkan pada Februari 2015. Ini awal yang baik untuk mencapai target tahun ini,” kata Arief Yahya.

International Musi Triboatton 2016 merupakan paduan wisata penjelajahan atau penyusuran sungai dengan lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu (boat) yaitu; river boat, kayak dan traditional boat racing (TBR), dan penyusuran bersama dengan perahu induk dari hulu ke hilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras (white water) dan berarus tenang (flat water).

Comments

Komentar