INDONESIAMAGZ.com – Setelah tiga kali sukses diselenggarakan pada tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun ini kembali menyelenggarakan even wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon 2016 yang akan berlangsung di Kota Sungailiat pada 23 April 2016 mendatang.

Penyelenggaraan ajang wisata olahraga yang memadukan olahraga; renang, bersepeda, dan marathon (triathlon) tersebut sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Bangka sekaligus mendukung program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan musantara (wisnus) di Tanah Air pada tahun ini.

Pada acara peluncuran (launching) Sungailiat Triathlon 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa (19/4), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan even sport tourism tersebut karena memberikan direct impact terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka. “Ada sekitar 1,2 juta wisnus dan 400 wisman yang datang ke Bangka untuk menyaksikan even ini. Kedatangan wisatawan tersebut akan menggairahkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak pariwisata Kabupaten Bangka dan Babel pada umumnya,” kata Menpar Arief Yahya didampingi Bupati Bangka H. Tarmizi H.Saat.

Menpar Arief Yahya mengatakan, pariwisata Babel ke depan sangat cerah hal ini terkait dengan ditetapkannya kawasan Tanjung Kelayang, Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang dipersiapkan sebagai satu dari 10 Bali Baru. “Pariwisata di Pulau Bangka dan Belitung memiliki 3A (Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi) yang bagus dan mempunyai banyak keunggulan.

Pantainya berpasir putih, laut jernis, bawah laut bagus, pulau-pulau sekitar menawan dan orang sering bechmarking sebagai Maldive-nya Indonesia. Sebagai destinasi yacht yang ideal, karena dari Singapura, Batam, Bintan melalui Selat Karimata tidak terlalu jauh sehingga bisa bolak-balik berlayar dari dan ke Singapura. Melalui udara, hanya 45 menit penerbagnan ke Soekarno-Hatta Jakarta sebagai pasar potensial,” kata Arief Yahya.

Comments

Komentar