INDONESIAMAGZ.com – idPeople gemar traveling? jasa agen travel sangat mempermudah untuk mengatur segala urusan perjalanan: mulai dari moda transportasi, penginapan, sampai pemandu wisata. idPeople bisa menghemat waktu sekaligus biaya karena agen perjalanan wisata ini umumnya menawarkan harga khusus atau diskon menarik untuk tiap paket perjalanan.

Nah, begitu banyaknya agen travel yang ada seringkali membuat idPeople cemas: bisakah agen tersebut dipercaya? mana agen travel yang kredibel, dan mana yang tidak? Karena ternyata, pemerintah daerah setempat biasanya kurang jeli mengawasi perkembangan bisnis biro perjalanan wisata ini. So, untuk mencegah penipuan atau hal-hal mengecewakan lainnya, berikut ini caranya memilih agen travel yang kredibel:

  • Profesional

Sebaiknya idPeople tidak sembarang mengiyakan rekomendasi agen travel dari teman/kenalan. Pastikan biro perjalanan tersebut (termasuk agen travel online) memiliki izin usaha. Agen travel yang berizin usaha memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), yang biasanya dipajang di dinding kantor. Biasanya agen travel profesional juga memiliki website yang sudah banyak dikenal. idPeople bisa membaca keseluruhan isi website beserta testimoni para pengguna jasa tersebut.

  • Spesialisasi

Setelah idPeople mempersiapkan perencanaan perjalanan seperti tujuan, waktu, dan tentu saja budget, pilihlah agen travel yang menawarkan rute perjalanan atau paket wisata sesuai keinginan idPeople. Tentunya idPeople tidak pergi ke biro perjalanan haji/umrah jika ingin berlibur. Beberapa biro perjalanan wisata juga menyediakan tour leader/tour guide (pemandu wisata) yang akan menemani. idPeople bisa menggunakan jasa pemandu wisata ini jika mengunjungi tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya.

  • Fasilitas

Meskipun urusan akomodasi/transportasi idPeople selama berwisata ditangani oleh agen travel, usahakan idPeople sudah mencari informasi tentang lokasi dan kondisi hotel atau penginapan yang disediakan. Pahami juga obyek wisata yang akan didatangi, lama perjalanan, serta fasilitas lainnya seperti tiket, konsumsi, dan alat transportasi.

  • Harga

Nah, idPeople mesti memperhatikan harga paket dan rincian perjalanan serta fasilitas yang ditawarkan. Jangan mudah tergoda dengan harga murah plus diskon atau promo spesial. Tak perlu ragu atau malu untuk menanyakan detil-detil yang idPeople ingin ketahui agar nanti tidak perlu mengeluarkan budget lebih dari yang ditawarkan.

  • Pembayaran

Pahami sistem pembayaran, terutama jika idPeople menggunakan jasa agen travel online. Biro online biasanya menyediakan beragam pilihan sistem pembayaran, namun usahakan juga agar idPeople bisa membayar secara langsung atau tunai.

  • Informasi

Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai paket perjalanan yang ditawarkan agen travel pilihan. Jangan sampai ada hal-hal yang membuat idPeople tidak nyaman selama berwisata.

 

sumber : gendies.com

Comments

Komentar