INDONESIAMAGZ.com – Menpar Arief Yahya menjelaskan, keberadaan hiu paus atau whale shark yang saat ini sedang menjadi bahan perbicangan orang-orang penggemar wisata bawah laut di Gorontalo. Terlepas dari pro dan kontra soal konservasi binatang raksasa itu, adalah atraksi yang sangat eksklusif.

“Para diver pun sangat ingin berpose di dekat Whale shark itu, karena tidak selalu berkesempatan ketemu dengan hiu paus tutul itu. Ini sekarang ada 14 biji berada di Gorontalo dan tidak pergi-pergi,” kata Menpar Arief Yahya.

Setiap hari ribuan orang datang, ingin melihat dari dekat hiu paus yang cukup menghebohkan itu. Whale shark yang muncul lama dinsuaru pantai dan tidak segera pergi itu termasuk yang pertama di dunia. Mereka sampai dikasih makanan oleh masyarakat dengan sisa-sisa kepala udang, sehingga tidak mau pergi dari pantai itu. “Ini atraksi yang luar biasa, berfoto dengan whale shark di gorontalo,” kata Arief.

Yang paling penting, dijaga jangan sampai mati, jangan sampai terluka, dan tetap menjadi tontonan alamiah yang eksklusif, hanya ada di Gorontalo, tidak akan ditemukan di seluruh dunia. “Point yang hebat buat pariwisata,” kata Arief yang meminta Gubernur dan Kepala Daerahnya untuk mengatur kawasan itu agar menjadi lebih nyaman, tertib dan mempertimbangkan konservasi.

Comments

Komentar