INDONESIAMAGZ.com – idPeople acara olahraga yang dibalut pariwisata atau yang lebih dikenal dengan sport tourism berupa lomba sepeda internasional bertajuk Tour de Flores (TdF) mulai digelar. Menempuh jarak 661 km dari Larantuka (ujung timur) hingga Labuhan Bajo (ujung Barat) Flores dengan jumlah peserta sekitar 130 orang datang dari berbagai negara yang terbagi dalam 21 tim.

TdF merupakan ajang promosi wisata Flores yang efektif karena ratusan juta pasang mata akan mengikuti acara ini. Diharapkan TdF akan membawa potensi pariwisata Flores ke pentas dunia.

Oleh karena itu, Kemenpar telah menetapkan TdF sebagai even tahunan, seperti halnya lomba sepeda internasional di bawah pengawasan Union Cycliste Internationale (UCI) lainnya di Indonesia antara lain; Tour de Singkarak (TdS) di Sumbar, dan Tour de Ijen (TdI) di Banyuwangi, Jatim.

Dalam upaya mendongkrak pariwisata Flores, pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo, Ibu Kota Manggarai Barat Flores yang berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sebagai satu di antara sepuluh destinasi unggulan di Indonesia.

Labuan Bajo merupakan gateway atau pintu gerbang bagi wisatawan yang hendak menikmati wisata bahari, melihat keajaiban binatang purba Komodo di Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, maupun pulau-pulau sekitarnya.

Comments

Komentar