INDONESIAMAGZ.com – idPeople pernah mendengar ombak yang berada disungai? yah! Bono adalah gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan Riau. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Potensi alam dan budaya Bumi Lancang Kuning akan diprioritaskan sebagai sektor andalan. Untuk mendukung target pariwisata tersebut, Provinsi Riau telah menetapkan sejumlah event unggulan dalam acara Calender of Event 2016 yang diluncurkan di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata, Jakarta, Jumat (27/5).

Dalam peluncuran calender of event yang bertajuk “Riau Menyapa Dunia” Mentri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik hal tersebut.

“Pilihan Riau menjadikan pariwisata menjadi sektor andalan, adalah pilihan yang tepat. Karena bila tetap mengandalkan minyak dan CPO, yang selama ini menjadi sektor andalan Riau, kedepannya kedua komoditas ini akan cenderung menurun,” tutur Mentri Pariwisata, Arief Yahya dalam sambutan Calender Of Event riau 2016.

Terdapat lima event international yang didukung oleh kemenpar, Bono Surfing, Pacu Jalur, Bakar Tongkang, Gema Muharram, Tour de Siak, dan satu yang belum didukung ialah Riau Marathon. yang paling banyak mempengarui wisman yaitu event2 yang dikemas menarik. “Kalo ingin membuat perkembangan destinasi pariwisata kita harus fokus, karena sumber daya kita terbatas,” jelas Arief Yahya.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, Riau yang juga mendapat sebutan sebagai “Bumi Lancang Kuning” selama ini identik dengan minyak bumi, hamparan kebun kelapa sawit atau sebuah kawasan berkembang dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia Bagian Barat.

Kekayaan sumber daya alam yang telah memberi berkah itu telah bertemu dengan keinginan kuat dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dalam menghadirkan terobosan baru, yakni di sektor pariwisata. “Bumi Lancang Kuning kini sedang berbenah mengembangkan layarnya dengan menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian. Kami harapkan sektor ini akan mampu memberikan kontribusi positif terhadap sector lainnya,” kata Arsyadjuliandi Rachman.

Gubernur Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, peformansi Provinsi Riau di sektor pariwisata pada 2015 yang lalu cukup menggembirakan dengan aktif berpartisipasi di berbagai event pariwisata nusantara dan mancanegara di antaranya berhasil meraih predikat The best untuk penampilan seni dan budaya yang dilombakan pada China ASEAN Expo 12th di Nanning, China mewakili Indonesia.

Comments

Komentar