INDONESIAMAGZ.com – Ajang balap sepeda yang berbalut wisata atau sport tourism Tour de Jakarta 2016 resmi diluncurkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Rabu (1/6).

Acara olahraga bertaraf internasional ini berharap meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara saat membacakan sambutan Menteri Pariwisata mengatakan pihaknya mendukung penuh event Tour de Jakarta 2016.

“Acara sport tourism efektif meningkatkan kunjungan dan awareness wisatawan,” katanya. Ukus menjelaskan bahwa penyelenggaraan TdJ 2016 yang sudah terakriditasi dan masuk dalam agenda acara UCI (Union Cycliste Internationale) ini akan berlangsung hari Sabtu, 30 Juli 2016 dengan melintasi ruas Jalan Sudirman dan Jalan M.H. Thamrin Jakarta.

Penyelenggaraan sport tourism bertaraf internasional selain meningkatkan kunjungan dan awareness wisatawan juga memberikan direct impact dan media value yang tinggi. “Dampak ekonomi langsung dari penyelenggaraan TdJ 2016 yang akan diikuti 16 tim atau 160 peserta dan officials ini menimal akan terjadi pengeluaran antara lain untuk akomodasi, transportasi, dan makanan sebesar Rp 1,9 miliar per hari, selain itu munculnya pemberitaan even tersebut di dalam dan luar negeri,” tutur Ukus.

Sebanyak 16 tim terdiri 5 tim dari mancanegara (Australia 2 tim, Filipina, Taiwan dan Laos) dan 11 tim dari dalam negeri akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan sebagai juara dengan total hadiah sebesar Rp 130 juta.

Comments

Komentar