INDONESIAMAGZ.com – Salah satu kudapan khas dari Banyuwangi yang hanya mucul pada saat bulan puasa adalah Precet Gedang. Dalam bahasa using, Gedang berarti Pisang yang menjadi bahan utama kudapan yang sering dijadikan makanan pembuka saat berbuka puasa.

Precet adalah kue yang bentuknya mirip pasta, kue ini banyak dijumpai pada bulan Ramadhan terutama pada saat sore hari mendekati waktu berbuka puasa. Biasanya penjual kue Precet banyak berjualan di pinggir-pinggir jalan Kota Banyuwangi.

Kue Precet dibungkus dengan daun pisang dan disantap dengan kuah santan bergula atau biasa disebut Juruh. Tidak ada catatan khusus sejak kapan kue Precet ini muncul, cuman terdapat resep yang diajarkan secara turun-temurun.

Sampai saat ini kue Precet bertahan dari gerusan jaman. Mengingat banyak jenis kue modern yang dibuat melalui proses industri. Sebenarnya kue Precet rasanya tawar, namun karena kuahnya yang berbahan gula merah dan santan membuat rasanya legit.

Untuk satu porsi precet pisang ia menjualnya seharga Rp 2.000 sampai Rp 5.000. Untuk menikmati precet gedang, bisa dicampur dengan santan yang sudah dimasak dengan pandan dengan tambahan sedikit gula dan garam.

Comments

Komentar