INDONESIAMAGZ.com – Rujak Soto merupakan makanan khas Banyuwangi yang memiliki keunikan tersendiri. Kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Banyuwangi serta rasanya yang enak dan cocok untuk dinikmati pada siang hari. Rujak Soto tersebar diseluruh kecamatan di Banyuwangi. Rujak Soto terfavorit di Kabupaten Banyuwangi berada di jalan ahmad yani tepatnya di warung “Mbok Ijah” yang selalu menjadi pemenang dalam festival Rujak Soto.

Rujak Soto terkenal dengan keunikan yang dimiliki baik dari namanya dan juga cara penyajiannya. Sejarah munculnya nama Rujak Soto ditemukan oleh seorang ibu yang bernama Bik Isah (penjual rujak babat di Kepatihan) ketika beliau memasak soto babat disuatu acara namun soto babat tersebut masih ada dan beliau pedagang rujak maka mencoba mencampurkan antara rujak dan soto sehingga munculah Rujak Soto pada tahun 1980.

Keunikan yang dimiliki Rujak Soto berupa perpaduan antara makanan soto babat dan rujak. Dalam pembuatan Rujak Soto terbagi dua yaitu pembuatan soto terlebih dahulu lalu pembuatan rujak. Pembuatan soto babat Banyuwangi terdiri dari bahan seperti babat, usus, daging sapi, brambang goreng (bawang goreng), irisan daun seledri. Bumbu dalam pembuatan soto Banyuwangi terdiri dari bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, daun jeruk, serai dan garam.

Cara memasak Rujak Soto adalah merebus semua bahan sampai empuk, kemudian memotong babat dan daging sapi sesuai dengan selera. Bumbu dihaluskan lalu digongso (disangrai) dengan minyak sampai harum kemudian diberi air. Bumbu dibiarkan hingga mendidih kemudian memasukkan daging dan direbus samppai meresap.

Pada pembuatan rujaknya terdiri dari bumbu seperti kacang tanah yang digoreng, pisang batu (klutuk) yang digunakan untuk mengentalkan bumbu, cabai rawit, terasi, asem, gula jawa, dan petis udang. Menambah kenikamatan Rujak Soto diperlukan bahan-bahan pelengkap seperti lontong (nasi), kacang panjang, kangkung dan cambah, krupuk udang dan melinjo goreng. Cara pembuatan rujaknya dengan menghaluskan semua bumbu hingga tercampur. Rujak disajikan terlebih dahulu, lalu disiram dengan soto babat tersebut.

Comments

Komentar