INDONESIAMAGZ.com – Pelajaran muatan lokal atau mulok adalah salah satu mata pelajaran tambahan yang wajib di selenggarakan di tiap sekolah di Indonesia. Biasanya muatan lokal disekolah berisikan pelajaran-pelajaran bahasa asing, bahasa daerah atau pendidikan jasmani tetapi lain halnya dengan Sekolah Permata Insani yang berada di Kelurahan Sindangsari, Pasar Kemis, Tangerang, Menjadikan Pencak Silat Pamur sebagai muatan lokal disekolahnya.

Sekolah yang berdiri sejak awal tahun 2007 ini menerapkan Pencak Silat Angkatan Muda Rasio (Pamur) sebagai pelajaran mulok sejak lima tahun belakangan ini. “Awalnya hanya sebagai ekstra kulikuler saja, dan latihannya diluar jam pelajaran sekolah, tetapi sejak dicetuskan menjadi mulok pada tahun 2011, banyak prestasi yang diraih siswa dari pencak silat pamur itu,” tutur Eko Hardi Saputra, Ketua Pelaksana Harian Pamur Permata Insani, saat dijumpai INDONESIAMAGZ.com, Selasa (26/7).

Eko memaparkan, bahwa pencak silat yang berasal dari Pamekasan Madura ini terinspirasi dari sang ayah yang merupakan pengurus Pamur se-Indonesia. “Tujuan dari pencak silat Pamur sendiri untuk membentuk karakter siswa, terlihat dari siswa yang mengikuti mulok ini memiliki tingkat kedisiplinan yang lebih, pencak silat ini bisa membentuk karakter anak sejak dini” paparnya.

Disekolah yang memiliki kurang lebih 1600 siswa dari TK hingga SMA ini telah menghasilkan berbagai prestasi, serta dijadikan sekolah percontohan untuk muatan lokal pencak silat Pamur. “Yang mendapat muatan lokal dari siswa SD, SMP, hingga SMA. Tahun lalu, kami meraih juara umum di ajang UNJ Open, mengikuti Festival Seni Internasional 2016 di Bandung, dan kami juga sudah mengadakan Pencak Silat Open yang menjadi tahun ke 3 se-Tangerang Raya” jelas Eko.

Donny Awaludin selaku pelatih Pencak Silat Pamur di Sekolah Permata Insani juga menambahkan, bahwa siswa yang sudah memiliki tingkatan tinggi bisa mengajar ditempat lain serta memperoleh penghasilah tambahan. “Tidak hanya itu siswa yang mendapat pelajaran pencak silat Pamur dan dilihat dari jenjang tingkatan siswa tersebut, bisa menjadi pengajar bagi siswa yang berada ditingkat bawah, hal itu tidak hanya dilakukan didalam sekolah. Sebagian siswa kelas 3 sudah mengajar diluar lingkungan sekolah. Sekitar 10 siswa yang sudah mengajar diluar sekolah” ungkap Donny.

Pencak Silat Pamur merupakan atraksi pencak silat yang memiliki banyaknya aliran pencak silat yang berkembang di masyarakat, antara lain Bawean, Melayu, Minangkabau, Cimande dan lain-lain. Pencak Silat Pamur sendiri didominasi dari pencak silat untuk kesenian dan tidak dominan unsur tarung.

Comments

Komentar