INDONESIAMAGZ.com – Even olahraga Tour de Singkarak 2016 resmi diluncurkan Mentri Pariwisata Arief Yahya Bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta seluruh Walikota dan Bupati yang berada di Sumatera Barat. Acara pembukaan even sport yang berbalut wisata tersebut diselenggarakan di Kabupaten Solok yang juga tempat start Tour de Singkarak (TdS) 2016, Jumat (5/7).

Warga Kabupaten Solok yang menjadi tuan rumah digelarnya acara pembukaan TdS 2016 sangat antusias menyambut even yang sudah berlangsung ke-8 kali tersebut.

Bupati Solok, Gusmal dalam sambutannya merasa sangat bangga didapuk sebagai penyelenggara pembukaan TdS 2016. “Penunjukan ini menjadi motivasi bagi kami didaerah untuk bekerja keras mempromosikan objek wisata,” tutur Gusmal.

Gusmal juga menjelaskan potensi pariwisata yang ada di Solok tidak hanya danau Singkarak saja. “Ada 109 buah objek wisata dan kita mengambangkan 3 wisata saja. 1 objek wisata di Danau Singkarak yang akan mendapat investor, kawasan wisata bukit gagauan, Danau kembar yang memiliki 3 danau yaitu Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang. Serta kawasan wisata ibukota, tempat hiburan masyarakat, semua masyarakat sudah memenuhi kawasan sekitaran kantor Bupati Solok. Apabila tidak bersinggah dikawasan bupati solok maka belum sah untuk ke Solok,” papar Gusmal.

Menpar Arief Yahya juga sangat bangga dengan even yang sudah menjadi agenda tahunan Kementrian Pariwisata. “Tour de Singkarak merupakan tour terbesar di Indonesia serta tour ke 5 di dunia, tds ini menjadi kembanggan bagi warga Indonesia, dan tds sudah dijadikan benchmark bagi tour-tour lainya seperti Tour de Banyuwangi serta Tour de Flores,” terang Menpar Arief Yahya dalam sambutannya.

Arief Yahya juga menjelaskan bahwa TdS merupakan sebuah event sport tourism yang memiliki media value yang tinggi.

Acara pembukaan Tour de Singkarak 2016 dipesisir Dermaga Danau Singkarak semalam berlangsung sangat meriah dengan menampilkan berbagai kesenian khas daerah Sumbar, serta penampilan dari bintang tamu band Nidji yang sudah ditunggu-tunggu warga setempat.

Etape 1 digelar Sabtu 6 Agustus. Startnya dimulai dari Dermaga Danau Singkarak, Kabupaten Solok dan finish di Ngalau, Kota Payakumbuh dengan panjang rute 96,6 km.

Etape 2, Minggu 7 Agustus, dari Lembah Harau Waterfall dan finish di Istano Basa Pagaruyung, Tanahdatar dengan panjang rute 119,5 km. Etape 3, Senin 8 Agustus, dimulai dari Equator Bonjol, Kabupaten Pasaman dan finish di Kantor Bupati Pasaman Barat, dengan panjang rute 122,8 km.

Etape 4, Selasa 9 Agustus, star dari Markas Secata Padangpanjang dan finish di Lawang Adventure Park, Agam, Padangpanjang dan finish di Agam dengan panjang rute 150 km.

Etape 5, Rabu 10 Agustus, dimulai dari Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan dan finish di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman dengan panjang rute 152,6 km.

Etape 6, Kamis 11 Agustus, dimulai dari Pantai Tiram dan finish di Taman Satwa Kandih Sawahlunto, sejauh 149 km. Etape 7, Jumat, 12 Agustus 2016, star dari Gedung Pertemuan Pancasila, Sijunjung dan finish di Sport Centre Dharmasraya, sejauh 133,4 km.

Sedangkan Etape 8, Minggu 14 Agustus, dimulai dari Istana Bung Hatta Bukittinggi dan finish di Tugu Perdamaian Kota Padang, dengan panjang rute 146,5 km

Comments

Komentar