INDONESIAMAGZ.COM – Sebagai upaya untuk promosi pariwisata dan budaya serta memperingati peristiwa meletusnya gunung Krakatau pada tahun 1883, Festival Krakatau pun dijadikan agenda pariwisata tahunan provinsi Lampung.

Festival Krakatau merupakan acara kepariwisataan nasional yang memiliki sejarah panjang. Semenjak berlangsung pada 1991, Festival Krakatau menjadi wahana dan ajang puncak kreativitas serta penghargaan terhadap seniman, budayawan, dan masyarakat Lampung dalam rangka pengembangan dan peningkatan kebudayaan Lampung.

Menginjak tahun ke-26, festival Krakatau akan menjadi momentum melakukan perubahan pengemasan sebuah festival, agar seiring dengan dinamisasi dan perkembangan kepariwisataan Lampung.

Festival Krakatau 2016 mengusung tema “Lampung The Treasure of Sumatra” yang akan mempromosikan keindahan dan daya tarik wisata di daerah tersebut. Hal ini sejalan dengan tujuan Kementerian Pariwisata yakni mengenalkan daerah yang memiliki potensi wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Kami mendukung penyelenggaran Festival Krakatau 2016. Event ini akan menjadi ajang pengenalan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Lampung,” ujar Ukus Kuswara, Sekretaris Kementerian Pariwisata, pada jumpa pers di gedung Sapta Pesona, Kamis (18/8).

Gubernur Lampung, Ridho Ficardo menambahkan, melalui Festival Krakatau sekaligus mempromosikan berbagai lokasi wisata di Lampung. “Masing-masing lokasi pariwisata di Lampung memiliki keunikan sendiri yang belum banyak di ekspos dan diketahui oleh wisatawan,” tambahnya.

Festival Krakatau yang akan berlangsung pada 24-28 Agustus 2016 di Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Kepulauan Gunung Berapi Krakatau. Kegiatan dalan festival ini akan meliputi berbagai acara seperti jelajah pasar seni, jelajah layang-layang, jelajah rasa (wisata kuliner), jelajah Krakatau, dan jelajah semarak budaya.

Comments

Komentar