INDONESIAMAGZ.COM – Bila idPeople penggemar olahraga air, cobalah sambangi sungai Tungtung. Sungai ini menjanjikan salah satu wisata olahraga air yang cukup ekstrem, yakni kayak. Bahkan, sungai Tungtung masuk dalam kategori sungai gunung atau creek yang diklaim sebagai tempat tujuan wisata kayaking dengan kualitas kelas dunia.

Hulu sungai Tungtung berada di salah satu lereng Gunung Slamet, tepatnya  berada di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Sungai Tungtung punya tiga kriteria yang bisa jadi penilaian utama kayaking dunia. Yakni,bebatuan sungai yang membentuk terjunan, kualitas air yang jernih, serta pemandangan yang elok.

Sebagai daya tarik olahraga kayak, sungai Tungtung menawarakan petualangan yang dapat memacu adrenaline. Arusnya deras dengan turunan curam berbatu menjadi salah satu tantangan yang harus dilewati.  Jalur bawah sungai Tungtung sepanjang 5km, jalur tengah sungai Tungtung yang dijadikan wisata kayaking kelas dunia ini selebar 3 hingga 4 meter. Sedangkan jalur atas (upper section) sungai itu, sepanjang 3 Jingga 4 kilometer.

Kondisi sungai Tungtung mirip dengan sungai-sungai di Corsica, Italia, yang merupakan sungai klasik dan ramai dikunjungi wisatawan kayaking dunia. Di sisi kiri dan kanan sungai, hutan pinus menjadi pemandangan sekitar yang dominan. Sungai ini cocok bagi kayaker yang sudah memiliki keterampilan tingkat lanjut.

 

Comments

Komentar