INDONESIAMAGZ.com – Even balap sepeda internasional Tour de Linggarjati (TdL) ke-2 kembali digelar pada 28 hingga 30 Oktober 2016 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Lomba balap sepeda yang berbalut pariwisata (sport tourism) tahun ini resmi menjadi agenda tahunan Kementrian Pariwisata. Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama saat sambutannya dalam acara Launching even lomba balap sepeda internasonal Tour de Linggarjati (TdL) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (13/9).

“Penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisnus,” katanya.

Selain itu penyelenggaran TdL ini juga sebagai bentuk promosi daerah wisata yang berada di Kabupaten Kuningan, serta sebagi bentuk memperingati perjanjian Linggarjati yang ke-70 tahun.

“TdL juga sebagai acara untuk memperingati hari jadi Kabupaten Kuningan yang ke-518 sekaligus peristiwa sejarah perundingan Linggarjati yang ke-70,” tutur Bupati Acep.

Mentri Pariwisata Arief Yahya dalam kesempatan yang sama juga sangat mendukung TdL 2016 ini, karena potensi wisata di Kabupaten Kuningan sangat mendukung untuk dijadikan acara tahunan.

“Culture-nya bagus, nature-nya juga bagus. Ini merupakan international sport even yang ke 4 yang ada di Indonesia. Yang pertama Tour de Singkarak, Tour de Ijen, Tour de Flores, dan Tour de Linggarjati yang keempat” tutur Arief Yahya.

Tour de Linggarjati sendiri menempuh jarak 345 kilometer, total melewati 23 kecamatan. Sebagai acara internasional tahunan, TdL sendiri akan memberikan hadiah total 500 juta.

“Untuk menarik perhatian wisatawan. Suatu even itu dilihat dari hadiahnya, apabila hadiahnya besar bisa menge-track pebalap dari luar negri lebih banyak, Tour de Linggarjati akan menjadi pusat perhatian dunia karena media value TdL sendiri” kata Menpar.

Selain itu Menpar juga menjelaskan bahwa daerah yang dilalui even tour-tour tersebut harus memiliki infrastruktur yang baik, agar tidak menimbulkan kesan buruk bagi peserta internasional.

“Tour de Linggarjati seperti ini bisa meningkatkan antusias masyarakat. Khusunya masyarakat kabupaten kuningan, untuk mempromosikan kuningan. Target wisman di Kuningan sangat kecil sekitar 100 ribu, dengan adanya even ini berharap bisa bertambah” pungkas Arief Yahya.

Comments

Komentar