INDONESIAMAGZ.comidPeople pastinya mengenal sosok RA Kartini, pejuang emansipasi wanita di jaman Belanda. Perjuangan Kartini melawan tradisi budaya, dan bahkan harus menentang keluarganya sendiri untuk memperjuangkan kesataraan hak bagi semua orang di Indonesia.

Untuk mengingat jasa Kartini, Rumah produksi Legacy Pictures dan Screenplay Films  mempersembahkan sebuah film dengan mengangkat perjuangan Kartini ke layar lebar.

Penyutradaraan dipercayakan pada Hanung Bramantyo yang sukses melahirkan karya-karya besar. Paling menarik, film ini dibintangi oleh aktris dan aktop top Tanah Air seperti Dian Sastro sebagai Kartini. Ada juga Acha Septriasa, Ayushita, Christine Hakim, Deddy Sutomo dan Reza Rahadian.

Sinopsis Film

Sebagai film drama biopic, film Kartini mengisahkan Kartini (Dian Sastro) yang tumbuh dengan melihat langsung bagaimana ibu kandungnya yang bernama Ngasirah (Christine Hakim) menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri.

Ngasirah dianggap pembantu hanya karena tidak mempunyai darah ningrat. Ayah Kartini yang bernama Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo), yang mencintai Kartini dan keluarganya, juga tidak berdaya melawan tradisi.

Sepanjang hidupnya, Kartini memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, tidak peduli ningrat atau bukan, terutama hak pendidikan bagi perempuan.

Bersama dua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita Nugraha), Kartini mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya.

Comments

Komentar