INDONESIAMAGZ.comidPeople, Dalam rangka menyambut dan sekaligus memeriahkan bulan suci Ramadhan 1438H, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan menggagas sebuah acara berskala Nasional yang bertajuk Tangsel Ramadhan Festival 2017 atau #TRF 2017.

Acara yang didukung penuh oleh Pemprov Banten, Pemkot Tangerang Selatan, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tangsel ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 Juni hingga 17 Juni 2017. Pelaksanaan acara ini akan dilangsungkan di BSD Square yang beralamat di Jalan Pahlawan Seribu, BSD City, Tangsel, Banten.

Lahirnya event berskala nasional ini merupakan jawaban atas kerinduan masyarakat Tangsel yang menginginkan nuansa Ramadhan terasa lebih semarak. Pasalnya selama ini, umumnya masyarakat hanya merasakan suasana Ramadhan sebatas ornamen unta atau ketupat yang menghiasi pusat perbelanjaan saja.

“Meskipun ada beragam acara Ramadhan yang diselenggarakan oleh beberapa pihak, tetapi skalanya relatif lebih kecil dan lokasinya terpisah-pisah. Oleh sebab itu kami ingin menyatukan masyarakat Tangsel khususnya dan masyarakat luas untuk merasakan sensasi semarak Ramadhan dalam acara #TRF2017 ini,” ujar Tilly, Kepala Seksi Promosi Usaha Disperindag Kota Tangsel.

Lebih lanjut lagi, Tilly mengatakan bahwa #TRF2017 bisa menjadi magnet pariwisata bagi Kota Tangsel serta cikal bakal atau embrio bagi pelaku usaha untuk mengadakan kegiatan-kegiatan serupa yang bertujuan untuk menghidupkan suasana Ramadhan di Tangsel. “Tangsel Ramadhan Festival 2017 ini nantinya akan menjadi sebuah ikon baru di Kota Tangsel, sebab akan ada berbagai macam acara menarik yang akan kami suguhkan,” ujar Tilly.

#TRF2017 nantinya akan diisi dengan beberapa spot seperti Bazaar Ramadhan yang akan menghadirkan beragam produk berkualitas dari para pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk kebutuhan Ramadhan maupun lebaran. “Kami menggandeng IKM binaan yang ada di Tangsel serta IKM daerah lain untuk berpartisipasi memamerkan produknya di acara ini,” tandas Tilly.

Tangsel Ramadhan Festival 2017 disambut begitu antusias oleh pelaku IKM. Sejauh ini menurut Tilly sudah ada sekitar puluhan IKM yang bergerak di berbagai bidang seperti kuliner maupun kerajinan yang telah mengajukan diri untuk berpartisipasi dai #TRF2017. “Animonya cukup bagus untuk IKM, karena banyak sekali yang sudah mendaftar untuk ikut serta dalam acara ini,” ungkap Tilly.

Ajang #TRF2017 akan menawarkan sejumlah hidangan menggoda selera yang tersaji dalam area Bakul Ramadhan. Di sini para pengunjung dapat menikmati beragam hidangan nikmat yang disajikan oleh sejumlah IKM untuk berbuka ataupun santap sahur. Selain itu juga ada sajian kue-kue khas lebaran yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk menyambut tamu ketika hari kemenangan atau sebagai hantaran.

Disperindang Kota Tangsel juga bekerja sama dengan Warnerein Creative untuk mewarnai #TRF2017 dengan berbagai acara bernuansa religi. Oleh sebab itu, sembari menikmati festival dengan berbelanja, pengunjung nantinya akan dihibur dengan beragam acara menarik bertemakan Ramadhan.

Berbagai kegiatan yang sudah disiapkan di #TRF2017 untuk memupuk serta mempertebal iman, seperti standup tausiah yaitu sebuah acara siraman rohani yang disampaikan dengan cara yang berbeda namun penuh makna. Kemudian sholat tarawih di jalan secara berjamaah (Tarlan).  Tentunya dengan adanya Tarlan pengunjung tidak perlu khawatir ketinggalan sholat tarawih dan bisa menikmati festival hingga malam hari.

Pagelaran seni budaya juga turut dihadirkan dalam ajang ini. Beberapa di antaranya yaitu, pertunjukan Tari Saman, seni musik marawis, make over hijabers, serta street fashion show. Selain itu, di #TRF2017 juga akan ada juga perlombaan pukul beduk yang pesertanya terbuka untuk umum.

Terkait dengan gelaran Tangsel Ramadhan Festival 2017, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa acara ini patut diapresiasi oleh segenap elemen yang ada di Tangsel. Menurutnya Festival ini bisa menjadi agenda tahunan yang dapat membuat Kota Tangsel lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas.

“Harapannya adalah ke depannya acara ini bisa dijadikan sebagai agenda tahunan berskala nasional yang berguna  untuk memajukan perekonomian masyarakat Tangerang Selatan serta menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Dan dengan adanya festival ini semoga potensi pariwisata yang ada di Kota Tangsel lebih terlihat dan diminati banyak orang,” ujar perempuan yang kerap disapa Airin tersebut.

Comments

Komentar