INDONESIAMAGZ – IDpeople pernah terpikir untuk berkemah di pinggir pantai? Ternyata ada sensasi tersendiri, IDpeople bisa merasakan semilir angin pantai dan deburan ombak. Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus disiapkan dan diperhatikan.

Hindari Mendirikan Tenda di Area Pasir Lunak

IDpeople harus memperhatikan hal satu ini, area pasir lunak bukan area yang baik mendirikan tenda. Pasir yang terlalu empuk atau lunak akan membuat pasak tenda tidak tertancap dengan baik, hasilnya tenda akan mudah roboh. Karena itu, harus mencari permukaan dengan pasir yang padat.

Jangan Mendirikan Tenda Dekat Air Laut

Ada hal yang harus diperhatikan ketika mendirikan tenda, yaitu jarak tenda dengan air laut. Untuk menentukan area berkemah aman di pantai, carilah yang dekat dengan pepohonan atau semak-semak. Karena pepohonan dan semak-semak, salah satu indikator air laut tidak mencapai daerah tersebut.

Baiknya Memasang Pasang Pasak Lebih Dalam

Setelah menemukan area berkemah dengan pasir yang lebih padat, IDpeople harus memperhatikan kedalaman pasak. Pasanglah pasak sedalam mungkin, karena tanah pasir tidak sekuat tanah pegunungan.

Siapkan Alas Tenda yang Mudah Dibersihkan

IDpeople baiknya memperhatikan alas tenda. Pilih alas tenda yang mudah dibersihkan dan mudah kering. Hindari alas tenda yang memiliki guratan. Karena pasir bisa terselip di antara guratan. Selain mudah terselip pasir, air juga lebih sulit dibersihkan dengan alas yang memiliki guratan. Pilihlah alas berbahan karet busa yang licin.

Perhatikan Angin

Jika IDpeople memasang tenda tidak terlalu kuat, siap-siap saja memasang kembali tenda. Karena akan dirusak oleh angin. Perhatikan kekuatan angin, biasanya pada malam hari angin akan bertiup lebih kuat. Sebaiknya jangan berkemah di area terbuka, cari tanah kosong di sekitar semak-semak yang cukup aman.

Jangan Dirikan Tenda Terlalu Dekat dengan Semak-semak

Meski dekat semak-semak lebih aman daripada di area terbuka, namun ada hal yang mesti diperhatikan. Banyak binatang yang bersembunyi di balik semak-semak, untuk itu jangan terlalu dekat.
Dirikan tenda di jarak aman dari semak-semak. Buat pertahanan tambahan di sekitar tenda, dengan menyebar garam atau belerang. Karena binatang seperti ular dan serangga tidak senang bau menyengat.

Siapkan Banyak Air Bersih

Bawalah air bersih dengan jumlah berlebih dan gunakan dengan hemat. Kehabisan air bersih saat berkemah hal yang berbahaya. Air bersih berguna untuk masak dan minum. Jika ingin sekedar cuci tangan dan kaki, IDpeople bisa menggunakan air laut.

Comments

Komentar