INDONESIAMAGZPulau Rote memiliki keindahan pantai, yang tidak kalah dengan Raja Ampat yang sudah banyak dikenal di dunia.

Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu wilayah yang memiliku pantai yang indah. Ada pantai Mulut Seribu, Pantai Laviti dan Pantai Lemita, Danau Laut Mati, Pantai Oeseli, 300 Tangga Bukit Mando’o, Pantai Bo’a, serta Pantai Nembrala.

Kali ini yang akan dibahas adalah pantai Mulut Seribu, yang terletak di Desa Papela. Untuk bisa kesana, harus menyebrang ke pulau Rote dengan menggunakan kapal Feri ASDP maupun kapal serentak yang beroperasi pagi dan sore hari dari Kota Kupang.

Setelah sampai di pulau Rote, perjalan dilanjutkan sekitar 1 jam untuk sampai di Desa Papela dari pusat kota Baa ibukota Kabupaten Rote Ndao. Kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan kapal kayu bersama penduduk setempat.

Pantai ini, konon katanya sejajar dengan Raja Ampat yang ada di Papua. Karena, disana bisa dijumpai bebatuan kars yang membentuk pulau-pulau kecil atau bebatuan karang yang tak sedikit jumlahnya layaknya seperti di Raja Ampat, Papua.

Sebenarnya Mulut Seribu adalah teluk dengan beberapa daratan kecil yang membentuk pulau. Warna airnya yang biru jernih, pasir putih, dan hutan hijau memberikan pemandangan yang membuat mata enggan berkedip.

Sesuai dengan namanya, Mulut Seribu memiliki banyak pintu masuk berupa celah antara bebatuan kars. Sehingga, bisa membingungkan tanpa pemandu. Dari sana, Anda akan mulai memasuki kawasan pantai dengan masuk ke teluk satu dan keluar di teluk lainnya.

Comments

Komentar