INDONESIAMAGZ – IDpeople, banyak pulau cantik yang tersebar di bumi pertiwi ini. Ada yang berpenghuni namun ada juga sebagian besar pulau yang tidak berpenghuni alias kosong. Contohnya pulau kecil tak berpenghuni ini memiliki kekuatan untuk menghipnotis para pengunjungnya untuk enggan pulang.

Hal ini disebabkan karena pulau tersebut memiliki pesona alam yang mampu memikat wisatawan domestik maupun mancanegara. Pulau cantik yang terletak di utara Teluk Kwandang, Provinsi Gorontalo Utara ini bernama Pulau Saronde.

Meski kecil, potensi alam dari Pulau Saronde menawarkan kecantikan pantainya yang sungguh memikat. Luas wilayahnya bila diukur hanya berdiameter kurang lebih 1 km. Bila IDpeople ingin mengelilinginya cuma butuh waktu sekitar 30 menit saja.

Perairan di sekitar Pulau Saronde dikenal bersih dan tidak tercemar oleh sampah-sampah industri, sehingga sangat elok dipandang. Terlebih lagi Pantai Saronde memiliki perpaduan unik, satu sisi hamparan pasir putih dan pada sisi lain merupakan hamparan bebatuan dengan berbagai bentuk dan motif.

Saat cuaca yang cerah berpadu dengan jernihnya air laut dan hamparan pasir putih dipastikan tak akan membuat lelah ketika mengeksplorasi kecantikan pulau ini. Panorama alam inilah yang membuat sebagian besar wisatawan enggan pulang buru-buru.

Selain menyusuri keindahan pantainya, berbagai kegiatan air yang dapat IDpeople lakukan di pantai ini seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air. Dijamin liburan akan sangat menyenangkan di pulau mungil ini.

Bahkan IDpeople juga bisa mengeksplorasi taman bawah lautnya yang juga menyuguhkan keindahan. Untuk menikmati keindahan bawah lautnya tak perlu menyelam terlalu dalam. Sebab di kedalaman 1,5 meter saja panorama  taman laut yang memiliki keindahan terumbu karang sudah dapat terlihat jelas.

Wisata bahari di pulau Saronde memang mengasyikkan, khususnya bagi para pasangan muda yang baru menikah. Pasutri yang ingin berbulan madu sembari merasakan suasana tenang dalam kesunyian dan keindahan patut menyambangi pulau cantik ini.

Dijamin hubungan pasutri akan semakin harmonis dan romantis ketika menikmati sunset dan sunrise di pulau ini. Daya tarik lainnya dari pulau Saronde yaitu memiliki tradisi yang unik. Pada waktu-waktu tertentu, biasanya diadakan Festival Saronde yang kerap diadakan pada bulan Juli.

Selain itu, masyarakat Saronde sering mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde. Bila beruntung menjadi bagian dalam acara ini, IDpeople bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat atau menikmati berbagai hiburan dan jajanan khas Gorontalo.

Foto : Saronde.com

Comments

Komentar